Kejar Ali Kalora, Polri: Ancam Petugas, Kami Tindak Tegas

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Polri menegaskan perburuan terhadap kelompok radikal Ali Kalora terus dilakukan oleh Satgas Tinombala, gabungan antara TNI-Polri. Polri tak ragu mengambil tindakan tegas jika Ali Kalora dkk mengancam keselamatan personel Satgas.

“Ketika mengancam petugas dan masyarakat, tidak ada cara lain, Hard Approach, bahkan tindakan mematikan,” tegas Kadiv Humas Polri Irjen. Pol. Muhammad Iqbal, S.I.K., M.H., di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (7/2/19).

Kadiv Humas Polri menjelaskan tindakan mematikan itu bersifat situasional manakala petugas terdesak. Akan tetapi Satgas Tinombala tetap mengedepankan proses hukum yang berlaku.

“Kami kejar terus. Hard Approach sangat ditentukan di lapangan. Itu sangat tergantung ancaman seketika. Tapi Ali Kalora pelaku kriminal, kami kedepankan tangkap dan proses hukum,” jelas Jenderal Bintang Dua itu.

Sebelumnya, Kelompok Ali Kalora muncul di Desa Salubanga, Kecamatan Sausu, Kabupaten Parigi Moutong, pada Senin (31/12/18). Mereka menembaki dua polisi, yaitu Bripka Andrew Maha Putra dan Bripda Baso, yang tengah mengevakuasi tubuh seorang penambang yang jadi korban pembunuhan. Bripka Andrew dan Bripda Baso selamat dari penembakan tersebut.

Kasus pembunuhan terhadap penambang itu diketahui warga pada Minggu (30/12/2018). Warga menemukan kepala manusia terpenggal dan diletakkan di jembatan desa. Pelaku pembunuhan, berdasarkan keterangan saksi, diyakini adalah Ali Kalora dkk.

berdasarkan hasil penyelidikan satgas, Kelompok Ali Kalora terdiri atas 14 anggota, termasuk Ali Kalora. Di antara 14 orang tersebut, 7 merupakan rekrutan baru, sedangkan 7 lainnya adalah anggota dari Abu Wardah alias Santoso.

Satgas Tinombala sempat mengimbau Ali dkk untuk menyerahkan diri dengan tenggat 29 Januari 2019. Namun imbauan itu tidak diindahkan. Polri menegaskan langkah selanjutnya adalah menyerbu Ali dan kelompoknya.

(fn/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password