Viral di Medsos Pemuda Banting Motor karena Ditilang, Polisi Kenakan Pasal Berlapis

Tribratanews.polri.go.id, Tangerang – Aksi pengendara motor yang marah akibat tidak terima ditilang oleh petugas satuan Lalu Lintas mendadak Vira di media Sosial, petugas menilang Adi Saputra (20) dengan pasal berlapis atas sejumlah pelanggaran lalu lintas.

Peristiwa tersebut dibenarkan Kasat Lalu Lintas Polres Tangerang Selatan AKP Lalu Hedwin, Adi ditilang karena melawan arus, tidak memiliki SIM, tidak membawa STNK, hingga tidak mematuhi perintah Polri.

“Pasal 281 (UU Lantas dan Angkutan Jalan) tidak memiliki SIM denda maksimal Rp 1 juta,” kata AKP Lalu Hedwin, Kamis (7/2/2019).

Adi juga ditilang dengan Pasal 288 karena tidak membawa STNK saat berkendara. Denda maksimal atas pelanggaran pasal itu adalah Rp 500 ribu.

“Kemudian Pasal 391 ayat (1) tidak mengenakan helm, denda maksimal Rp 250 ribu,” ucapnya.

Adi juga ditilang karena membiarkan kekasihnya tidak mengenakan helm sebagaimana diatur dalam Pasal 291 ayat (2). Denda maksimal atas pelanggaran itu adalah Rp 250 ribu.

“Kemudian yang bersangkutan juga ditilang dengan Pasal 282 karena tidak mematuhi perintah yang diberikan oleh petugas Polri, denda maksimal Rp 250 ribu,” tuturnya.

Adi sebelumnya ditilang karena melawan arus di kawasan BSD, Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (7/2) pagi. Setelah diperiksa, Adi ternyata tidak memakai helm, tidak pegang SIM, dan tidak membawa STNK.

Dia juga memarahi polisi karena tidak mau ditilang. Tidak hanya itu, dia juga membanting-banting motornya karena kesal.

“Tapi untuk ketentuan berapa dendanya, nanti hakim yang menentukan,” tandas Kasat Lantas AKP Lalu Hedwin.  (La/Sw/Hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password