Polda Jatim Berhasil Ungkap Penyelundupan Burung Asal Papua

Tribratanews.polri.go.id- Surabaya. Kepolisian Daerah Jawa Timur berhasil menggagalkan penyelundupan ratusan burung berbagai jenis yang dilindungi asal Papua yang dikirim melalui angkutan kapal laut tujuan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

“Pengungkapan kasus ini menindaklanjuti laporan dari masyarakat yang menginformasikan adanya pengiriman hewan langka asal Papua,” ujar Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum Direktorat Kepolisian Air Polda Jatim AKBP Darman di Surabaya, Rabu (06/02/19).

Kasus ini berawal dari laporan masyarakat setelah itu Polisi langsung menindaklanjuti bersama tim dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA Jatim). “Dua pelakunya kami tangkap, masing-masing berinisial P, warga Nganjuk, dan E, warga Sidoarjo, Jawa Timur,” katanya.
Dalam penangkapan Polisi berhasil mengamankan ratusan burung berbagai jenis yang tergolong langka, di antaranya delapan ekor burung Merpati Hutan, sembilan ekor burung Betet, delapan ekor burung Nuri Bayan, seekor Kakaktua Alba, delapan ekor Nuri Hitam, 22 ekor Perkici Pelangi, dan 50 ekor Perkici Tanimbar.
Keterangan sementara yang dihimpun polisi, kedua pelaku rencananya akan membawa ratusan burung yang tergolong langka tersebut ke Jakarta. “Mereka menjualnya dengan cara menawarkan melalui media sosial,” jelas AKBP Darman.

(bb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password