Bareskrim Polri Sita Narkoba Asal Malaysia

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Direktorat Tindak Pidana Narkoba, Bareskrim Polri berhasil menyita paket berisi 50 kg sabu-sabu, 15.000 butir ekstasi, dan satu bungkus “happy five” asal Malaysia yang didapat dari dua orang kurir.

 

“Tersangka RM alias IY dan AS merupakan kakak adik. Pelibatan keluarga adalah untuk menjaga kerahasiaan jaringan supaya tidak mudah terbongkar oleh penyidik,” terang Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Brigjen Pol. Drs. Eko Daniyanto, M.M., Senin (4/2).

 

Berawal dari informasi mengenai adanya penyelundupan narkoba di Sumatera Utara, penyidik langsung melakukan penyelidikan dan menangkap tersangka RM alias IY (38) di rumahnya, Teluk Nibung, Tanjung Balai, Sumatera Utara. Kemudian penyidik juga menangkap tersangka AS (39).

 

“Modusnya paket sabu-sabu, ekstasi, dan ‘happy five’ didatangkan dari Malaysia melalui jalur laut. Di perairan Labuhan Batu, paket diambil dan dibawa ke tepi pantai untuk dikubur di lumpur,” jelas Dirtipidnarkoba Bareskrim Polri.

 

RM sebagai pemilik kapal untuk mengangkut paket tersebut dan juga mengendalikan atau mengatur waktu pertemuan kapal serta menentukan tempat penyimpanan narkoba.

 

Dalam pengungkapan kasus tersebut, penyidik menyita 50 bungkus plastik teh cina berisi sabu seberat 50 kg, 15 bungkus pil ekstasi (15.000 butir), dan satu bungkus “happy five”.

 

Sedangkan WN Malaysia yang berperan sebagai pemasok narkoba, masih dalam pengejaran.

 

Selanjutnya kedua tersangka dikenai Pasal 114 Ayat (2) juncto Pasal 132 Ayat (1) UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana mati, pidana penjara seumur hidup, atau pidana penjara paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun dan denda minimal Rp 1 miliar dan maksimal Rp 10 miliar ditambah sepertiga.

 

(rj/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password