Wujudkan Pemilu 2019 Aman dan Sejuk, Mabes Polri Ajak Santri Perangi Hoaks

Tribratanews.polri.go.id -Semarang. Mabes Polri menggelar sosialisasi antihoaks dan ujaran kebencian di pesantren-pesantren di Kota Semarang, untuk mewujudkan Pemilu 2019 aman dan damai. Senin (4/2/19)

Di Pondok Pesantren (Ponpes) Sunan Gunung Jati Ba’alawy, Gunung pati (SGJB), Semarang, anggota Badan Intelijen dan Keamanan Mabes Polri memberikan materi pembekalan tentang pengetahuan seputar hoaks dan ujaran kebencian.

Selain itu, di Ponpes yang beralamatkan di Jalan Makam Habib Abdullah Al Faqih, Kp. Malon RT.01 RW 06, Gunung Pati ini juga dilakukan pembacaan deklarasi puluhan santri tentang dukungan terhadap kelancaran pemilu serta penolakan terhadap hoaks dan ujaran kebencian saat pemilu.

Menurut Pengasuh Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Ba’alawy, KH Muhammad Masroni, pendidikan di dalam pesantren telah mengajarkan ilmu untuk mengatasi keberadaan hoaks.

“Di pesantren, santri juga diajarkan ilmu khalam, saat menerima kabar tidak diterima langsung,” ungkap Masroni, Senin 4 Februari 2019.

Pihaknya selalu menekankan kepada santri agar kabar yang diterima harus dicek terlebih dahulu, dianalisa hingga akhirnya sampai pada kesimpulan.

Pengasuh Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Ba’alawy juga meminta para santri paham dengan apa yang diperbuat dan diucapkannya. Ponpes Sunan Gunung Jati sendiri tidak mentabukan santrinya untuk menggunakan media sosial.

“Penggunaan telepon seluler di dalam pesantren ini telah diatur sesuai dengan tingkat usai dan pendidikannya. Santri yang sudah berkuliah bisa memanfaatkan telepon seluler untuk kebutuhannya sehari-hari,” jelas Masroni.

(ng/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password