Polisi Bongkar Sindikat Uang Palsu di Balikpapan

Tribratanews.polri.go.id. – Balikpapan. Kepolisian Sektor Balikpapan Timur berhasil membongkar sindikat pembuat dan pengedar uang palsu (upal) yang berkedok percetak undangan di Kota Balikpapan, Senin (4/2/2019).

Produksi uang palsu ini terungkap, saat korban yang merupakan warga Balikpapan Timur ini melapor ke kantor Polisi lantaran menerima 30 lembar upal pecahan Rp. 100 ribu dari pelaku.

Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Fitra melalui Kapolsek Balikpapan Timur Kompol Dody Susantyoko mengatakan pengungkapan rumah produksi ini dari hasil pengembangan saat terlapor berhasil diamankan.

Polisi menangkap SG (27) pengedar uang palsu dari laporan korbannya. Kepada petugas SG menagaku dapat uang palsu dari tempat percetakan di kawasan Manggar, Balikpapan Timur. Polisi langsung turun kelokasi percetakan. Dan benar saat di TKP terdapat alat-alat produksi percetakan uang palsu.

Sejumlah 157 lembaran pecahan Rp. 100 ribu, uang palsu sebanyak 67 lemabr kertas dengan hasil cetakan yang belum terpotong berhasil disita oleh Polisi.

Ketahui pemiliki percetakan BN (47) telah berhasil diamankan. Atas perbuatanya kedua tersangka dijerat pasal 244 KUHP dan pasal 26 ayat 1,2,3 jo pasal 36 ayat 1,2,3 dan pasal 27 ayat 1 jo pasal 37 ayat 1 UU Nomor 11 tahun 2011 tentang mata uang dengan ancaman hukumannya 15 tahun penjara.

(ds/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password