SILATURAHMI TOKOH AGAMA BUDDHA : Wakapolda Sumut Gelar Pertemuan Silaturahmi Sekaligus Bahas Rencana Pengamanan Imlek

tribratanews.polri.go.id –  Polda Sumut, Kapolda Sumut melaksanakan kegiatan silaturahmi dengan yang diwakili oleh Wakapolda Sumatera Utara Brigjen Pol. Drs. Adhi Prawoto, SH. dengan para Bhiksu dan Pendeta Tokoh Agama Buddha se Sumatera Utara dalam rangka mensukseskan Perayaan Imlek 2568 tahun 2017 yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 25 Januari 2017 bertempat di Aula Tribrata. Turut serta dalam kegiatan pertemuan tersebut, Irwasda Polda sumut, Para Pejabat Utama Polda Sumut, Kapolrestabes Medan, Para Kapolres , Ketua FKUB Sumut, para Bhiksu dan Pendeta Buddha Se Sumut, Ketua INTI (Perhimpunan Indonesia Tionghoa), ketua MBI ( Majelis Budayana Indonesia), Ketua Perwakilan Umat Buddha Indonesia Sumut (Walubi), serta perwakilan umat Buddha Indonesia Sumut dengan jumlah peserta sekitar 300 orang.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol. Dra Rina Sari Ginting ketika dihubungi menyampaikan kegiatan ini sendiri adalah prakarsa dari Kapolda Sumut dan merupakan yang pertama di Polda se Indonesia, dan akan diikuti oleh beberapa Polda lainnya di Indonesia.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mensukseskan perayaan Imlek 2568 tahun 2017 dan menjalin  silaturahmi dan membangun  kebhineka tunggal ikaan agar tercipta rasa kekeluargaan, juga rasa cinta tanah air dan bangsa demi toleransi umat beragama.” ujar  Kombes Rina.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang selanjutnya pembacaan Doa oleh tokoh Agama Buddha Bhante Indaguno.

Dirintelkam Polda Sumut Kombes Pol. Dedy Kusuma Bhakti, SIK, MTCP kemudian memberikan paparan terkait perkiraan ancaman menjelang Imlek tahun 2017 kepada para hadirin termasuk perkembangan isu dan kejadian menonjol di Sumut serta potensi kejahatan.

Selanjutnya paparan Karo Ops Polda Sumut terkait Kesiapan Pengamanan Opersi Liong Toba 2017 yang disampaikan oleh AKBP Andre Setiawan, SIK.

Dalam paparan Karo Ops tersebut disampaikan bahwa pada tahun ini karena pentingnya pengamanan kegiatan ini maka untuk tahun ini dilakukan Operasi mandiri kewilayahan dengan sandi ” Operasi Liong Toba Tahun 2017.” yang dilaksanakan diseluruh jajaran Polda Sumut.

AKBP Andre Setiawan menjelaskan data jumlah vihara, kuil dan klenteng, target operasi, pelibatan kekuatan dan peralatan serta pola pengamanan yang dilaksanakan.

Sementara itu dalam sambutan dan pengarahan Kapolda Sumut yang disampaikan oleh Wakapolda Sumut Brigjen Pol. Drs. Adhi Prawoto, SH. Menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat datang kepada hadirin yang datang dalam silaturahmi tersebut. Wakapoldasu juga mengawali dengan perkenalan tokoh agama yang datang serta perkenalan pejabat utama serta para Kapolres jajaran Polda Sumut.

“Saya ucapkan terima kasih atas kerjasama selama ini dalam menjaga Kamtibmas dan menjaga kebersamaan di Sumut.” ujar Wakapoldasu.

Wakapoldasu juge menjelaskan latarbelakang terkait dilaksanakannya kegiatan pengamanan Imlek yang berhubungan dengan sejarah kelam Sumut atas beberapa kejadian diantaranya Bom Natal, Bom St Yosep, temuan Bom Panci di Bekasi, penembakan Kuna, dan penangkapan beberapa terroris di Indonesia, dll.

“Karena itu Polri secara pro aktif melakukan pengamanan kegiatan masyarakat baik diminta maupun tidak diminta untuk mewujudkan rasa aman bagi masyarakat. Sumut yg penduduknya sangat heterogen perlu diamankan. Dalam operasi mandiri kewilayahan dengan sandi ” Operasi liong Toba 2017 ” Polri mengamankan kegiatan Imlek 28 Jan 2017 , Cap Gomeh 12 Febr 2017 dan Cengbeng 4 April 2017. Dengan pola pengamanan Maksimum Security  atau dengan pengamanan maksimum dengan mengedepankan pencegahan.” jelas Wakapoldasu.

Sasaran pengamanan sendiri adalah Vihara, klenteng , kegiatan perayaan Imlek termasuk orang orang yang melaksanakan ibadah, tempat tempat  ibadah, tempat tempat wisata, tempat keramaian, serta pemukiman.

Polda Sumut menerapkan Indikator keberhasilan yaitu diharapkan tidak ada serangan teror bom atau kejahatan teror lainnya. .

“Kita juga mengharapkan di Sumut tidak ada konflik intoleransi secara terbuka. Tidak adayang menjadi Korban baik dari masyarakat maupun anggota Polri. Serta yang terakhir kali tidak ada kelangkaan BBM.” kata Wakapoldasu.

Kapolda Sumut juga melalui Wakapolda Sumut menghimbau dan masyarakat khususnya umat Buddha sendiri untuk secara bersama berkomitmen menjaga perayaan imlek supaya  kondusif. “Mohon kerjasama untuk peran serta pemuda membantu pengamanan. Agar kiranya para tokoh agama dapat membina masyarakat untuk menumbuhkan sikap toleransi. Mari bersama sama mencegah radikalisme serta mencegah intoleransi antar sesama umat beragama.” himbau Wakapoldasu menyampaikan himbauan Kapoldasu.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Sebanyak 7 orang tokoh masyarakat Buddha bertanya kepada Wakapolda Sumut. Salah satunya Yoga dari Sibolga menyampaikan ucapan

terima kasih atas diselenngarakannya acara tersebut. Yoga menyampaikan di Sibolga kerukunan antar umat beragama terjalin dengan baik. Yoga juga memohon pendataan ulang vihara dan klenteng termasuk pendataan umat.

Sementara Rudono dari Siantar memberikan koreksi terkait data pos pengamanan Imlek hanya ada 1 pos pengamanan d Siantar. Saat ini kota P. Siantar juga termasuk kota yang sangat toleran antara umat beragama.

Atas pertenyaan tersebut, Wakapolda Sumut menanggapi akan  merivisi kembali terkait data data tempat ibadah vihara dan klenteng untuk dijadikan objek pengamanan supaya valid dengan meminta masukan dari instansi terkait.

“Sementara terkait Pos pengamanan Imlek di Polres Siantar akan ditambah menjadi 3 Pos pengamanan. Polri akan memberikan pelayanan yang sebaik baiknya.” Ujar Wakapoldasu menangggapi.

Diakhir pertemuan Wakapolda Sumut menyampaikan ucapan terima kasih dan permohonan maaf jika ada hal hal yang kurang berkenan selama pertemuan silaturahmi berlangsung. Acara kemudian diakhiri dengan saling tukar menukar pemberian cindera mata.

Penulis : Kabid Humas Kombes Rina

Editor : Kang Iqbal

Penerbit : Rico

Admin Polri54150 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password