Polri Pantau Pengamanan Jelang Perayaan Imlek

Tribratanews.polri.go.idJakarta. Polri mengantisipasi potensi konflik jelang Tahun Baru Imlek pada 5 Februari 2019. Seluruh Kepolisian Daerah (Polda) diminta memantau situasi jelang perayaan penting bagi masyarakat Tionghoa itu.

“Ini operasi kewilayahan masing-masing Polda,” ujar Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Pol. Drs. Syahar Diantono, M.Si., Jumat (01/02/19).

Jika ada wilayah yang memerlukan atensi lebih, kata dia, kekuatan personel pengamanan tentunya akan ditambah. “Manakala ditemukan indikasi kerawanan, Polri mengamankan itu lebih ekstra,” jelas Kombes Pol. Drs. Syahar Diantono, M.Si.

Sejauh ini, kasus penolakan perayaan Tahun Baru Imlek baru terjadi di Bogor. Akan tetapi kata Kabag Penum Divisi Humas Polri mengatakan Polri akan memantau seluruh daerah untuk menghindari upaya yang serupa.

“Ya itu kita monitor, tapi tiap Polda sudah kita pantau juga nanti secara terpusat dari Mabes,” tegas Kombes Pol. Drs. Syahar Diantono, M.Si.

Sebelumnya, kelompok yang menamakan dirinya Forum Muslim Bogor (FMB) menolak perayaan Imlek dan Cap Go Meh di Bogor. Itu disampaikan dalam surat terbuka yang ramai disebar di media sosial.

Meski begitu, Walikota Bogor Bima Arya, bersama pimpinan daerah dan para tokoh agama, menyatakan tetap melaksanakannya karena acara itu merupakan pagelaran seni dan budaya tahunan.

(ym/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password