Polisi Tangkap Dukun Palsu yang Merugikan Korbannya Senilai Rp 740 Juta

Tribratanews.polri.go.id – Bangkalan. Polda Jatim melalui Polres Bangkalan berhasil menangkap seorang dukun palsu atas nama Nasurah (43), warga Desa Prancak, Kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan.

Tersangka telah merugikan pegawai ASN atas nama Yuli Astutik (40), warga Desa Bator, Kecamatan Klampis. Nasurah dilaporkan oleh korbannya atas kasus penipuan dengan modus memiliki teman seorang dukun asal Kalimantan lantaran menghasut dengan tujuan mengeruk materi korban sejak tahun 2013 hingga 2018.

Dalam penjelasannya, Kasubbag Humas Polres Bangkalan AKP MW Santoso mengatakan Pertemuan tersangka dan korban Yuli terjadi pada tahun 2013, saat korban terpengaruh hasutan tersangka lantaran dukun ‘Dayak Iban’ itu disebut mampu mendatangkan rejeki. Bahkan korbannya diminta menebus seperangkat minangan untuk menyempu sebuah keris dan akik setiap 3 bulan mulai Rp 5 juta sampai Rp 7 juta. Sampai saat ini total kerugian yang diderita korban hingga 2018 mencapai senilai Rp 740 juta.

Akibat perbuatannya tersangka kini dijerat dalam Pasal 378 KUHP dengan ancaman maksimal 4 tahun karena melanggar hukum dan menguntungkan diri sendiri atau orang lain dengan memakai nama palsu atau martabat palsu, dengan cara tipu muslihat ataupun dengan rangkaian kebohongan untuk menggerakkan orang lain.

(sm/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password