Qodirun : Proses Hukum Jangan Dikaitkan dengan Poltik dan Dipolitisasi

Tribratanews.polri.go.id – Sumut, Adanya berita yang tersebar beberapa hari ini di media cetak ataupun media elektronik terkait Kasus alih fungsi hutan menjadi perkebunan kelapa sawit seluas kurang lebih 366 hektar oleh PT.Alam yang saat ini dalam proses penyidikan di Polda Sumut.

Melihat pemberitaan di beberapa media, telah dilakukan penetapan tersangka terhadap MI alias DS. Dalam hal tersebut telah menuai banyak tanggapan dari berbagai kalangan masyarakat termasuk adanya tanggapan bahwa Polri telah berlaku tidak professional.

Atas keadaan-keadaan tersebut Polri Watch memandang dalam upaya penegakan hukum, aparatur Kepolisian selaku aparat penegak hukum harus bebas dari segala bentuk intervensi dan bebas dari segala bentuk penggiringan opini publik.

Kami harap bagi penyidik tetap saja berjalan sesuai rule nya, sangatlah tidak mungkin penyidik Polda Sumut berani menetapkan seseorang menjadi Tersangka jika memang tidak ada bukti permulaan yang cukup atas dugaan pidana yang sedang disidik.

Hal itu disampaikan Divisi Advokasi Publik Polri Watch Qodirun SH,CPL kepada wartawan, Kamis (31/1/2019) menanggapi proses hukum terkait pengalihan hutan lindung menjadi lahan perkebunan yang ditangani oleh Polda Sumut.

Anak dari Kabupaten Batubara ini menyebutkan Polri Watch sebagai lembaga pemantau kinerja Polri saat ini terus mendukung terciptanya Polri yang Promoter (Proffesional, Modern dan Terpercaya).” Mari hormati segala bentuk proses upaya penegakan hukum yang dijalankan oleh penyidik Polri, bilamana ada kinerja penyidik yang dianggap tidak sesuai dengan track nya atau tidak sesuai prosedur, masih ada upaya-upaya hukum yang masih bisa ditempuh seperti praperadilan,” sebut Qodirun kembali.

Dijelaskan Qodirun proses hukum jangan selalu dikait-kaitkan dengan persoalan politik dan jangan di politisasi, sehingga ditakutkan nantinya bisa mengakibatkan “sang penjahat” yang sebenarnya bisa bebas dan bersembunyi dibalik isu-isu politik yang terjadi saat ini.

(sa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password