Polisi Bongkar Peredaran Uang Palsu Pecahan 10.000 Dolar Singapura

Tribratanews.polri.go.idIndramayu. Kepolisian Resor (Polres) Indramayu berhasil membekuk seorang pelaku pengedar uang palsu Rupiah dan Dolar Singapura.

“Pelaku JHR (41) dibekuk saat melakukan transaksi uang palsu tersebut di SPBU Terisi,” jelas Kapolres Indramayu AKBP Yoris M.Y Marzuki, Kamis (31/01/19).

AKBP Yoris M.Y Marzuki mengatakan penangkapan pelaku pengedar uang palsu itu berkat informasi dari masyarakat yang resah. Kemudian, jajaran Satreskrim Polres Indramayu langsung melakukan penyelidikan dan mengamankan satu orang pelaku.

Dari tangan pelaku, awalnya polisi menyita sebanyak 88 lembar uang palsu Rupiah pecahan Rp 50 ribu. “Kami langsung melakukan pengembangan dengan menggeledah rumah pelaku yang berada di Kabupaten Subang,” jelas Kapolres Indramayu.

AKBP Yoris M.Y Marzuki mengatakan dari hasil penggeledahan rumah pelaku JHR, ditemukan uang pecahan 10.000 Dolar Singapura sebanyak 2.370 lembar. Selain mengamankan seorang pelaku, Polres Indramayu juga masih mengejar satu pelaku lainnya yang sudah dimasukkan dalam daftar pencarian orang.

“Kita masih melakukan pengembangan kasus ini dan satu pelaku lainnya kita tetapkan masuk dalam DPO,” terangnya.

Terkait tindakan tersebut, kata Yoris, pelaku diancam dengan Pasal 36 Undang-Undang Nomor 7 tahun 2011 tentang Mata Uang, dengan ancaman hukuman kurungan penjara paling lama 15 tahun dan denda sebesar Rp 50 miliar.

(ym/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password