Mantan Kapolri ke – 8 Wafat, Inilah Sosok Prof. Dr. Awaloedin Djamin,M.P.A., Ph.D.

Tribratanews.polri.go.id- Jakarta. Kepolisian Negara Republik Indonesia turut berduka atas wafatnya  Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Awaloedin Djamin,M.P.A., Ph.D., karena sakit, Kamis (31/1/19)

 

Mantan Kapolri periode 1978-1982 tersebut tutup usia di Rumah Sakit Medistra Jakarta diumur yang akan genap 92 tahun pada 26 September 1927.

 

Untuk diketahui sebelumnya,  Jenderal Pol. (Purn) Prof. Dr. Awaloedin Djamin,M.P.A., Ph.D., merupakan Kapolri pada masa pemerintahan Presiden Soeharto. Selain itu, Purnawirawan Bintang Empat tersebut juga pernah menjadi Menteri Tenaga Kerja pada Kabinet Ampera (1966), dan juga pernah ditugaskan sebagai Duta Besar untuk negara sahabat yaitu Duta Besar untuk Jerman Barat.

 

Pada masa kepemimpinan Jenderal Pol. (Purn) Prof. Dr. Awaloedin Djamin,M.P.A., Ph.D., KUHAP UU No. 8 Tahun 1981 telah disahkan oleh DPR RI  dan Polri di bawah kepemimpinannya banyak menyumbangkan pemikiran dalam penyusunan KUHP tersebut. Pembuatan KUHP tersebut merupakan pengganti Het Herziene Inlandsh Reglement (HIR) yaitu Hukum Acara Pidana buatan pada masa kolonial Belanda.

 

Untuk diketahui bersama, Jenderal Pol. (Purn) Prof. Dr. Awaloedin Djamin,M.P.A., Ph.D., masih mengabdikan dirinyaa sebagai dekan PTIK setelah selesai menjabat sebagai Kapolri.

 

(rz/sw/hy)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password