Polisi Serahkan Pelimpahan Tahap II Kasus Hoaks Ratna Sarumpaet ke Kejari Jaksel

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta – Polisi melakukan pelimpahan tahap dua berupa tersangka Ratna Sarumpaet dan barang bukti ke Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, terkait kasus penyebaran berita hoaks mengingat berkas kasusnya sudah dinyatakan lengkap.

Proses pelimpahan tersangka dan berkas perkara tahap kedua itu dikawal ketat oleh aparat keamanan Polda Metro Jaya. Ratna Sarumpaet diantar dengan menggunakan mobil tahanan Polda Metro Jaya dengan mengenakan pakaian tahanan berwarna oranye serta didampingi anaknya Atiqah Hasiholan.

Dalam keteranganya Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono mengatakan, Polisi selalu berkoodinasi dengan jajaran Kejaksaan terkait kasus tersebut. Kemarin, polisi menerima surat dari Kejati DKI kalau berkas Ratna Sarumpaet sudah dinyatakan lengkap secara formil dan materilnya. Maka dari itu, hari ini kita lakukan pelimpahan tahap dua berupa tersangka dan barang buktinya ke Kejari Jakarta Selatan sebagai tanggung jawab penyidik.

“Setelah berkasnya lengkap kini kasus tersebut kami limpahkan ke Kejari Jakarta Selatan, dan bukan lagi menjadi kewenangan kepolisian lagi. Maka dari itu, terkait proses penahanannya itu sudah menjadi kewenangan pihak Kejaksaan. Terkait kemungkinan adanya tersangka baru itu bisa saja terjadi yah, bergantung bagaimana fakta di lapangan,” tambah Kabid Humas Polda Metro Jaya saat diwawancarai di Polda Metro Jaya Kamis (31/1/19).

Untuk diketahui, aparat kepolisian menetapkan Ratna Sarumpaet tersangka menyebarkan berita bohong alias hoaks soal penganiayaan, atas perbuatannya (RS) disangkakan Pasal 14 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Idana dan Pasal 28 junto Pasal 45 Undang-Undang ITE terkait penyebaran hoaks penganiayaan.

(sm/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password