Satgas Bansos Terbentuk, Polisi : Kami Siap Kawal Pendisitribusiannya

Tribratanews.polri.go.id, Polres Balangan – Dalam upaya mendukung kegiatan pengamanan pendistribusian, penyaluran dan penegakan hukum bantuan sosial kabupaten Balangan, Polres Balangan lakukan rapat Koordinasi (Rakor) dengan instansi samping di Aula Patria Tama Polres Balangan, Rabu (30/01).

Satuan Tugas Bantuan Sosial (Bansos) ini dibentuk guna menindaklanjuti penandatanganan Memorandum of Understansing (MoU) antara Kapolri bersama Kementerian Sosial tentang keikutsertaan Polri bersama pemerintah untuk mengawasi pelaksanaan pembagian bantuan sosial kepada masyarakat kurang mampu yang ada di tiap-tiap daerah di Indonesia khususnya di wilayah Kabupaten Balangan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolres Balangan AKBP Moh. Zamroni S.iK, Waka Polres Balangan Kompol Reinaldo S. Kom (Kasatgasres), Sekertaris Bappeda Kabupaten Balangan Irwan Lafoni, ST, Kepala Dinas Sosial kabupaten Balangan Ribowo, dan anggota yang terlibat dalam satgas Bantuan Sosial tersebut.

“Alhamdulillah Satgas Bantuan Sosial ini sudah kami bentuk dan kami akan laksanakan sesuai apa yang menjadi tugas Polri sesuai MoU yang sudah di sepakati pimpinan atas Polri. Untuk rencana kami kedepan, Polres Balangan akan melakukan pendampingan terhadap pelaksanaan pendistribusian Bansos di wilayah Kabupaten Balangan.

Dalam ini ada terdapat beberapa potensi kerawanan pada pendistribusian Bansos yaitu adanya penerima Bansos (bantuan sosial) yang tidak tepat sasaran dan adanya pelaksana lapangan yang kurang memiliki integritas” terang Kapolres Balangan AKBP Moh. Zamroni S. iK

“Strategi Polres Balangan dalam pendistribusian Bansos yaitu melaksanakan Koordinasi kepada Dinas Sosial dan Bappeda Kabupaten Balangan, dalam hal pendampingan pendistribusian Bansos dan membantu melakukan sosialisasi berkaitan program Bantuan Sosial (Bansos) tersebut.

Lebihlanjut dijelaskan Kapolres, kami tidak mengharapkan adanya penyelewengan – penyelewengan atau upaya pelanggaran hukum dalam kegiatan tersebut, karena diantara salah satu satgas, kami memuat Satuan Tugas Penegakkan Hukum (Gakkum) yang dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Polres Balangan AKP Heru Setiawan, SH, MH yang membawahi 2 (dua) unit yaitu unit Tipikor dan unit Tipiter apabila ditemukan adanya penyimpangan atau pelanggaran hukum dalam kegiatan ini” Pungkas Kasatgasres Kompol Rienaldo, S. Kom saat paparkan struktur organisasi Satgas Bansos kepada peserta Rapat.

“Dalam hal pelaksanaan pendistribusian kegiatan Bansos selama ini adalah tidak melalui Dinas Sosial melainkan langsung ke penerima manfaat yang disalurkan melalui Bulog maupun Bank Mandiri, untuk Bansos yang ada di indonesia sangat banyak namun di Kabupaten Balangan hanya terdapat PBPNT (Program Bantuan Pangan Non Tunai) dan PKH (Program Keluarga Harapan) yang tahun ini akan didistribusikan kepada penerima atau masyarakat yang berhak menerima bantuan.

PBPNT ini akan dilaksanakan pada bulan April dengan melalui Bank mandiri dengan menyediakan warung/kios non tunai yang di kelola oleh pihak Bank Mandiri. Namun PBPNT pada bulan Januari sampai dengan Maret akan di laksanakan secara manual melalui Rastra (beras sejahtera) penyaluran Beras kepada masyarakat.

Dinas Sosial Kabupaten Balangan turut memberikan Apresiasi dan terima kasih banyak terhadap bantuan pengamanan dan pegawalan yang selama ini dilakukan oleh Polri Khususnya  Polres Balangan pada saat kami melaksanakan kegiatan penyaluran Bantuan Sosial tersebut. Ungkap Wibowo. (La/Sw/Hy).

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password