Polres Balangan Bentuk Satgas Bansos, Ini Tegas Waka Polres

Tribratanews.polri.go.id, Polres Balangan – Dalam rangka mendukung kegiatan pemerintah Polri khususnya Polres Balangan lakukan rapat internal penyususnan Personel di Aula Patria Tama Polres Balangan (28/01).

Pembentukan satuan tugas Bantuan Sosial (Bansos) ini guna menindaklanjuti penandatanganan Memorandum Of Understansing (MOU) antara Kapolri bersama Kementrian Sosial tentang keikut sertaan Polri bersama Pemerintah untuk mengawasi pelaksanaan pembagian bantuan sosial kepada masyarakat kurang mampu yang ada di tiap-tiap daerah di Indonesia.

Satgas Bansos Polres Balangan ini dipimpin oleh Waka Polres Balangan Kompol Reinaldo, S. Kom M. AP bertindak sebagai Kasatgasda Polres Balangan. Dalam satgas Bansos ini ada 4 (empat) satuan fungsi utama menopang keberhasilan, diantaranya adalah sosialisasi dan pendataan ke masyarakat, pengamanan pendistribusian Bansos, Manajemen Media dan terakhir penegakan hukum.

Waka Polres Balangan mengatakan terbentuknya Satgas ini atas sesuai Nota Kesepahaman antara Kapolri dan Menteri Sosial pada Tanggal 11 Januari yang lalu, Dimana Nota Kesepahaman pada No 1 Tahun 2019 Kemensos dan UNWPolri yakni No 6 B Tahun 2019 Polri. “Jadi kita Polri melakukan pengamanan dan bantuan hukum terkait program Bansos tersebut. Untuk Polres Balangan sendiri sudah melaksanakan vicon, dan bentuk tindaklanjut itu dengan dibentuknya satgas – satgas pada masing satuan fungsi yang mengawaki,” jelas Waka Polres.

Dalam nota Kesepahaman tersebut tertuang bahwasanya Polri hanya pengamanan, pendampingan dan penegakan hukum. Sementara Kementerian Sosial yang memiliki program pemerintah ini diantaranya adalah pembagian Beras Sejahtera (Rastra) dan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu). “Itu salah satunya, juga serta beberapa program lainnya dalam Bansos 2019 ini,” jelasnya.

“Sekecil apapun akan ditindak apabila ada penyelewengan, ini tidak main main dananya seluruh Indonesia yang dikucurkan pemerintah sangat besar dan lebih besar dari tahun sebelumnya yakni Rp 54 Triliun se Indonesia, saluran program ini pastinya bertujuan untuk membantu masyarakat, jangan sampai ada pihak yang coba coba melakukan tindakan pelanggaran hukum, akan kita tindak tegas sekecil apapun itu,”  tegasnya. (La/Sw/Hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password