Polisi Bekuk Pencuri Brankas Berisi Ratusan Juta Rupiah

Tribratanews.polri.go.idBatam. Jaga Sembiring, (59), dan Harles Hutajulu, pembobol brankas PT Berlian Inti Sukses dibekuk polisi. Selain keduanya, polisi juga mengamankan dua penadahnya, yaitu Martahan Simanjuntak, (35) dan Salim Rambe, (47).

Kasat Reskrim Polresta Barelang AKP Andri Kurniawan menjelaskan, pembobolan di PT Berlian Inti Sukses itu diketahui pada hari Sabtu (29/12/18) lalu sekira pukul 08.00 WIB. Awalnya, salah satu karyawan yang hendak masuk kerja melihat pintu kantor sudah dalam keadaan rusak. Selanjutnya, karyawan tersebut memberitahu pimpinannya dan pimpinan perusahaan langsung menelpon karyawan tersebut.

”Awalnya korban tidak percaya. Setelah itu, korban lang-sung menuju kantor yang berada di Seipanas itu,” jelas AKP Andri Kurniawan.

Dari keterangannya kepada Polisi, di dalam brankas itu terdapat uang tunai sebesar Rp 601.479.000, satu unit ponsel, kunci serep kantor serta dokumen-dokumen penting lainnya.

Dari penyelidikan di lapangan dan memeriksa sejumlah saksi, polisi mendapatkan informasi ada seseorang yang menjual rokok dalam jumlah banyak.

Dari informasi itu, tim gabungan melakukan pengintaian dan mengamankan Martahan Simanjuntak di Ruli Kampung Indosat, Sekupang, Selasa (22/01/19).

”Rokok yang dijualnya saat itu sama dengan rokok milik korban yang dicuri,” tuturnya.

Dari pengakuan tersangka Martahan Simanjuntak, rokok itu ia dapatkan dari temannya, Salim Rambe yang tinggal di ruli Tembesi Lestari. Polisi kemudian mengamankan Salim Rambe. Dari keterangan Salim, ia hanya bertugas menjual rokok itu dan menyediakan tempat untuk membongkar brankas.

”Pelaku ini tidak ikut dalam aksi pembobolan itu. Dia juga mendapat uang tunai sejumlah Rp 10 juta,” tegas Kasat Reskrim Polresta Barelang.

Selanjutnya dari tersangka Salim, Polisi mengamankan Jaga Sembiring di Perumahan Buana Impian Batuaji, Rabu (23/01/19). Namun, saat dilakukan penangkapan, Jaga berusaha melarikan diri sehingga Polisi menembak kakinya.
Tim gabungan kembali bergerak ke kawasan Hourbour Bay Batuampar dan menangkap Harles Hutajulu. Ia juga terpaksa ditembak karena berusaha melarikan diri.

”Dari hasil pemeriksaan, mereka beraksi lima orang. Tiga pelaku lainnya masih kami kejar,” Jelas Kasat Reskrim. Dari penangkapan itu, Polisi berhasil mengamankan barang bukti satu mobil Kijang Innova yang digunakan beraksi, 24 unit ponsel, uang tunai Rp 150 juta, gunting besi, 50 bungkus rokok, buku tabungan, kuitansi pembelian emas serta kalkulator

(ym/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password