Kapolri: Rotasi Pejabat Polri Guna Penyegaran Organisasi

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Kapolri Jenderal Polisi Prof. Drs.H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D., memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) sejumlah perwira tinggi (Pati) Polri, Kamis (24/1/2019).

Yang menjadi dasar serah terima ini adalah tertuang dalam surat telegram Kapolri nomor ST/188/I/KEP.2019 tertanggal 22 Januari 2019. Adapun surat telegram tersebut ditandatangani Asisten Kapolri bidang SDM Irjen Pol. Eko Indra Heri.

Serah terima jabatan berdasarkan Surat Telegram Kapolri adalah sebagai berikut,
Komjen Pol. Drs. Arief Sulistyanto, M.Si., yang Sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri mendapat penugasan baru sebagai Kalemdiklat Polri.

Sementara posisi Kabareskrim kini akan diemban oleh Irjen. Pol. Drs. Idham Azis, M.Si., yang sebelumnya menjabat Kapolda Metro Jaya. Posisi Irjen Pol Idham Azis kini dijabat oleh Irjen Pol. Drs. Gatot Eddy Pramono, M.Si., yang dahulu adalah Asrena Kapolri sekaligus Satgas Nusantara.
Asrena Polri kini dijabat oleh Irjen. Pol. Drs. Agung Sabar Santoso, S.H., M.H., yang sebelumnya menjabat Wairwasum Polri.

Selain itu, Kabaintelkam Polri kini dijabat oleh Komjen Pol. Drs. Unggung Cahyono, menggantikan Komjen Pol. Drs. Lutfi Lubihanto.

Irjen. Pol. Drs. Rudy Sufahriadi yang sebelumnya menjabat Komandan Korps (Dankor) Brimob, menjadi Asops Kapolri.
Jabatan yang ditinggalkan Irjen Pol Rudy Sufahriadi, kini diemban oleh Irjen. Pol. Drs. Ilham Salahudin, S.H., M.Hum.,yang sebelumnya menjabat Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Brigjen Pol Coki Manurung meninggalkan posisinya sebagai Kapolda Bengkulu. Brigjen Pol Coki Manurung kini mengisi posisi sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Kemudian posisi Kapolda Bengkulu akan dijabat Brigjen. Pol. Drs. Supratman, yang saat ini adalah Wakapolda Jabar.

Posisi Kapolda Maluku Utara juga dirotasi, kini Brigjen. Pol. Suroto mengemban amanah itu yang sebelumnya menjabat Karopsi SSDM Polri.

Pati Densus 88 AT Polri Irjen Pol. Drs. H. Hamidin dimutasi menjadi Kapolda Sulawesi Selatan menggantikan Irjen. Pol. Drs. Umar Septono, S.H., M.H., yang diangkat dalam jabatan baru sebagai Wairwasum Polri.

Selain itu, Kapolda Sulawesi Tengah kini dijabat oleh Brigjen. Pol. Drs. Lukman Wahyu Hariyanto, M.Si., yang dulunya menjabat Wakapolda Kaltim.

Posisi yang ditinggalkan Brigjen. Pol. Drs. Lukman Wahyu Hariyanto, kini dijabat oleh Brigjen. Pol. Drs. Eddy Sumitro Tambunan, M.Si., Sebelum menjabat Wakapolda Kaltim, Brigjen. Pol. Drs. Eddy Sumitro Tambunan bertugas sebagai Karobinopsnal Baharkam Polri.

Setelah serah terima jabatan Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian mengajak para Pati tersebut untuk mengucapkan sumpah dalam acara sertijab tersebut. mereka mengulang ucapan sumpah yang dibacakan oleh Kapolri,

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya selaku pejabat kepolisian negara Republik Indonesia akan setia dan taat sepenuhnya pada Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia 1945 dan NKRI. Bahwa saya akan menaati segala peraturan perundang-undangan dan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepada saya dengan penuh pengabdian kesadaran dan tanggung jawab,”

(ng/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password