Polisi Kreatif Mengedukasi Anak-Anak Melalui Wayang Kardus

Tribratanews.polri.go.id – Kediri. Kasat Binmas Polres Kediri AKP Bowo Wicaksono, S.H., menciptakan inovasi baru dengan mendongeng melalui media wayang. Wayang yang dimainkan dalam sebuah cerita, dibuat secara sederhana menggunakan bahan kardus bekas yang digunting dan dirakit.

Adapun tokoh wayang kardus antara lain terdari dari polisi, anak sekolah, kiai dan guru dan bahasa yang digunakan dalam mendongeng pun juga menggunakan bahasa anak-anak sehingga mudah di pahami.

Adapun tujuan menciptakan inovasi ini adalah untuk memberikan edukasi mengenai budi pekerti dan pendidikan dan mampu menyajikan sebuah dongeng layaknya sarana hiburan, namun juga bisa mendidik.

Dalam keterangannya, Kasat Binmas Polres Kediri mengatakan pembuatan wayang ini berawal dari banyaknya tumpukan kardus bekas makanan yang tidak terpakai , kemudian saya desain menjadi sebuah wayang kontemporer. Tokoh-tokoh nya kita kemas sesuai dengan yang ada di masyarakat saat ini. Untuk tokoh karakter sendiri ada tokoh karakter antagonis contohnya yang jelek jangan ditiru dan untuk protagonis adalah tokoh karakter yang baik wajib ditiru.

“Untuk kedepannya wayang ini bisa digunakan untuk video media informasi layanan masyarakat tentang penyuluhan penyalahgunan narkoba, bahaya miras, kenakalan remaja, tertib ber lalu lintas, antisipasi hoax dan lain lain. Dengan menggunakan wayang sebagai pemerannya jadi lebih ekonomis, “tutup Kasat Binmas Polres Kediri.

(sm/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password