Satlantas Polres Purbalingga Latih PKS Gerakan Pengaturan Lalu Lintas

Tribratanews.polri.go.id – Jateng.  Unit Dikyasa Satlantas Polres Purbalingga memberikan pelatihan anggota Patroli Keamanan Sekolah (PKS), SMK Negeri 1 Bukateja. Dalam pelatihan tersebut, anggota PKS diajarkan dua belas gerakan pengaturan lalu lintas, Sabtu (17/11/2018).

Gerakan pengaturan lalu lintas yang diajarkan mulai dari gerakan menghentikan arus dari semua arah, arah depan, arah belakang, arah depan dan belakang serta dari arah tertentu.

Diajarkan juga gerakan menjalankan arus, mempercepat arus dan gerakan memperlambat arus. Para siswa terlebih dahulu diberikan contoh oleh polisi, selanjutnya menirukan gerakan yang telah dicontohkan secara bersama-sama.

Kasat Lantas Polres Purbalingga AKP Sukarwan melalui Kanit Dikyasa Ipda Wagimin mengatakan bahwa pelatihan gerakan pengaturan lalu lintas dilakukan kepada anggota PKS agar mereka mengerti. Karena gerakan dasar pengaturan lalu lintas tersebut, merupakan kemampuan yang harus dimiliki PKS untuk mendukung pelaksanaan tugas.

“Dengan pelatihan gerakan pengaturan lalu lintas yang sudah diberikan, tujuannya anggota PKS SMK Negeri 1 Bukateja bisa menerapkan gerakan tersebut saat mengatur lalu lintas di depan sekolah baik saat berangkat maupun pulang sekolah,” katanya.

Ipda Wagimin menambahkan, dengan kemampuan yang dimiliki diharapkan anggota PKS bisa membantu tugas kepolisian dalam pengaturan lalu lintas di depan sekilah. Dengan demikian bisa mendukung terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

(js/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password