Polri Kerahkan 64.000 Personel Amankan Percetakan Surat Suara

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Untuk mengamankan 6 perseroan terbatas (PT) yang menjadi pemenang tender pengadaan surat suara Pemilu 2019, Mabes Polri mengerahkan sebanyak 64.000 personel.

 

Keenam PT tersebut adalah PT Aksara Grafika Pratama (Jakarta), PT Gramedia (Jakarta), PT Balai Pustaka (Jakarta), PT Temprina Media Grafika (Jawa Timur), PT Puri Panca Pujibangun (Jawa Timur), dan PT Adi Perkasa Makassar (Sulawesi Selatan).

 

Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., menjelaskan pengamanan akan dibagi 3 ring pada setiap pemenang tender pengadaan surat suara Pemilu 2019 itu. Ring pertama di dalam ruang percetakan, ring kedua di luar gedung percetakan dan ring ketiga ada di sekitar jalan tempat percetakan surat suara.

 

“Setiap petugas atau pegawai yang keluar-masuk percetakan akan digeledah, diperiksa oleh Polri dan tim security internal agar clear keluar-masuknya,” terang Karo Penmas, Senin (21/1).

 

Pengamanan dilakukan selama 24 jam dan dibagi menjadi 3 shift. Selanjutnya akan dilakukan SOP pengamanan yang sama pada setiap tempat percetakan untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan.

 

Sebelum pihak percetakan melakukan distribusi surat suara, Polri dan KPU akan kembali menghitung total jumlah surat suara yang telah disepakati. Setelah itu, menurut Polri akan melakukan pengawalan dan pengamanan surat suara untuk dibawa ke KPU.

 

“Misalnya yang ada di Jakarta, mau didistribusikan ke Aceh misalnya, dari Polda Aceh satgasnya sudah ada yang masuk ke sini untuk menghitung bersama-sama kita cek agar clear baru dari sini (Jakarta) dikawal ke Aceh,” jelas Karo Penmas.

 

(rj/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password