Polri akan Lakukan Monitoring Jelang Pembebasan Abu Bakar Ba’asyir

Tribratanews.polri.go.id. – Jakarta. Jelang pembebasan tanpa syarat narapidana terorisme Abu Bakar Ba’asyir, Pihak Kepolisian akan lakukan pengawasan atau monitoring. “Pada prinsipnya, dari Kepolisian akan melakukan monitoring. Kalau yang bersangkutan atau beliau ABB kembali ke Solo, tugasnya Polresta Solo sama Polda Jateng yang akan melakukan tugas monitoring tersebut,” jelas Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., Senin (21/1/2019).

Terkait pembebasan Abu Bakar Ba’asyir, Polri telah menyiapkan pemantauan, dan sudah dilakukan mapping, profiling, monitoring, yang dilakukan oleh Satgas Anti Teror yang ada di Polda- Polda. Penangkalan telah dilakukan oleh Polda di tiap daerah.

Saat ini, tugas pemantauan sel-sel yang berpotensi melakukan aksi teror lebih efektif setelah adanya Undang-Undang Nomor 5 tahun 2018 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme (UU Antiterorisme).

Pembebasan Abu Bakar Baasyir akan dilakukan pada pekan ini, sambil menunggu proses administrasi di LP. Abu Bakar Ba’asyir minta waktu setidaknya tiga hari untuk membereskan barang-barangnya yang ada di sel penjara. Setelah bebas, Abu Bakar Ba’asyir akan pulang ke Solo dan akan tinggal di rumah anaknya, Abdul Rahim.

(fa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password