Dampak Strategis Rukan Bhabin guna Harkamtibmas dan Peningkatan Perekonomian Warga

Tribratanews.polri.go.id, Kapolres Kepahiang AKBP Pahala Simanjuntak, S.iK tinjau proses pembangunan Rukan (Rumah dan Kantor) Bhabinkamtibmas di wilayah Polsek Bermani Ilir, Jum’at (18/1).

Bangunan Rukan Bhabinkamtibmas terletak di Desa Warung Pojok, Kec. Muara Kemumu, Kab. Kepahiang. Kapolres Kepahiang bersama Kades Warung Pojok Sofian Aidi (45) melihat langsung pembangunan Rukan Bhabin yang hampir rampung itu, mulai dari depan sampai kedalam ruangan serta faslitas MCK.

Pendirian Rukan Bhabin atas inisiasi Kades Warung Pojok dan warga yang difasilitasi oleh Kapolres Kepahiang. Tanah tempat pembangunannya merupakan tanah kas desa yang dihibahkan kepada Polres Kepahiang. Luas tanah yang dihibahkan seluas 10×20 M2 dengan bangunan Rukan Bhabin tipe 36.

Proses pembangunan yang mulai awal bulan Desember 2018 dengan target pengerjaan 45 hari, menggunakan biaya anggaran bersumber dari hibah Pemkab Kepahiang melalui APBDP TA.2018 sebesar Rp.149.700.000′- yang dikerjakan oleh Jimi (33) Pimpinan CV. Ijekusiba Mandiri.

Ditinjau dari bentuk dan fasilitas Rukan Bhabinkatibmas sangat lengkap dalam menunjang tugas Harkamtibmas. Mulai dari bahan bangunan dengan menggunakan rangka baja, berplafon GRC, adanya teras depan yang di buat menjadi tempat rapat dan sosialisasi, ruang tamu, 2 kamar tempat tidur, dapur, kamar mandi dan wc serta fasiltas listrik.

Kapolres Kepahiang AKBP Pahala Simanjuntak, S.iK menjelaskan, dibangunnya Rukan Bhabinkamtibmas di wilayah Desa warung Pojok yang merupakan daerah perbatasan antara Kab.Kepahiang dengan Kab. Rejang Lebong. Rukan Bhabin akan membawa dampak strategis dalam bidang Harkamtibmas (Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) dan peningkatan perekonomian warga.

“Dengan wilayah yang aman dan kondusif, maka secara otomatis perekonomian warga akan meningkat dan pembangunan di daerah perbatasan menjadi lancar, “ tegas Kapolres Kepahiang.

Mayoritas warga yang berada di daerah ini bekerja sebagai petani kopi dan sayur-sayuran, yang selama ini jauh dengan kehadiran Polisi. Jarak tempuh Desa Warung Pojok dengan Polsek Bermani Ilir sekitar 25 Km, dengan medan jalan yang kurang baik dan melewati perkebunan kopi. Daerah ini merupakan jalan pintas yang di gunakan oleh para pelaku kriminal baik Curanmor, Curat, Curas dan bahkan Narkoba.

“Bhabinkamtibmas yang akan menempati Rukan ini, adalah Bripka Hendrik Jupiter yang memang bertugas disini, yang sudah membaur dengan warga setempat. Bahkan beberapa warga memiliki hubungan keluarga dengannya. Bahkan ianya sudah memiliki kebun kopi di tempat ini. Saya menjamin Bripka Hendrik akan betah tinggal dan bertugas melayani warganya, “ungkap Kapolres Kepahiang.

Kades Warung Pojok Sofian Aidi, mengucapkan terimakasih kepada Kapolres Kepahiang atas terwujudnya pembangunan Rukan Bhabinkamtibmas di wilayahnya, yang memang sudah lama di harapkan oleh warga setempat.
“Saya atas nama pribadi dan mewakili warga, sungguh sangat berterimakasih kepada Bapak Kapolres Kepahiang, “ ungkap Kades Sofian.

Kapolres Kepahiang AKBP Pahala Simanjuntak, S.iK menambahkan dalam proses peresmian Rukan Bhabinkamtibmas ini rencananya akan mengundang Bupati Kepahiang beserta stafnya termasuk para personil Bhabinkamtibmas Polres Kepahiang.

“Kita akan undang Bupati Kepahiang untuk secara resmi menyerahkan kunci Rukan Bhabinkamtibmas ini, serta 35 anggota Bhabinkamtibmas Polres Kepahiang, “ pungkasnya. (La/Sw/Hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password