Konferensi Pers Polda Sulbar Pengungkapan Kasus Penipuan Penerimaan CPNS

Tribratanews.polri.go.id – Mamuju. Polda Sulawesi Barat menggelar konferensi pers terkait pengungkapan kasus penipuan CPNS melalui jalur Kemenkumham Provinsi Sulbar di Aula Arya Guna Mamuju, Kamis (17/1/19).

 

Kegiatan konferensi pers tersebut dipimpin oleh Wadir Reskrimum Polda Sulbar AKBP Iskandar S.I.K., M.Hum bersama Kabid Humas Polda Sulbar AKBP Hj. Mashura serta Kasubdit 3 Jatanras Ditkrimum.

 

Untuk diketahui sebelumnya, kasus penipuan CPNS terjadi pada tahun 2017 dimana terlapor yang mengaku sebagai Caleg saat mengurus para CPNS melalui jalur Kemenkumham Prov. Sulbar dan ke 6 orang yang diurus dan telah diyakinkan akan lolos ternyata tidak ada yang lolos. Pada kejadian tersebut tidak ada yang melaporkan sehingga terlapor kembali melancarkan aksinya pada tahun 2018, hal tersebut disampaikan oleh Wadir Reskrimum.

 

Selanjutnya, Wadir Reskrimum menjelaskan terlapor meminta tebusan sebesar Rp. 100.000.000,- saat awal dan ditambah Rp. 100.000.000,- lainnya saat SK Pengangkatan sebagai PNS turun.

 

Dalam kasus tersebut, terlapor menjalankan aksinya dengan begitu banyak tipu daya sehingga dapat meyakinkan para korban, mulai dari pelatihan pembekalan, sampai dengan SK pengangkatan palsu yang dicetak oleh rekanannya.

 

Adapun korban yang terdata hingga saat ini dari Kab. Polman 35 orang, dari Kab. Majene 8 orang, Mamuju 30 orang dan Bulukumba (Sulsel) ada 2 orang. Dalam perkara ini tidak ada keterlibatan dari pejabat Kemenkumham melainkan semua adalah inisiatif terlapor (terungkap dalam lidik). Pasal yang akan diterapkan Pasal 378 Jo 55 (1) ke 1 KUHP.

 

(rz/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password