Polda Kepri Amankan 47 Orang Calon Pekerja Ilegal

Tribratanews.polri.go.id – Batam. Ditpolairud Polda Kepri telah berhasil menggagalkan pengiriman 47 calon Pekerja Migran Indonesia yang rencananya akan dipekerjakan di Johor, Malaysia.

 

Ke 47 calon pekerja ilegal ini, diamankan di Pulau Jemara, Kelurahan Subangmas, Kecamatan Galang, Batam, Jumat (11/01/19) lalu.

 

Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol. S Erlangga menjelaskan, dari 47 orang calon tenaga kerja ilegal, dua diantaranya berjenis kelamin perempuan. Mapolda Kepri, Senin (14/01/19).

 

45 orang laki-laki kebanyakan berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Flores ini, diamankan tanpa memiliki identitas. Diketahui bahwa, nantinya akan ada orang yang akan menyiapkan dokumen para pekerja ilegal ini sehingga bisa bekerja di Malaysia.

 

Dalam pencegahan ini, keberangkatan puluhan orang tersebut difasilitasi oleh dua orang yang berhasil kabur ketika penyergapan dilakukan.

 

Meskipun demikian, polisi telah mengantongi identitas kedua pelaku yang bertugas sebagai tekong dan anak buahnya dengan masing-masing berinisial P dan B.

 

“Kita fokus pada pengamanan seluruh calon pekerja ini. Namun juga tetap melakukan pengejaran terhadap dua pelaku yang melarikan diri dengan cara terjun ke laut. Saat itu dalam kondisi gelap, sehingga menyulitkan pencarian,” jelas Kabid Humas Polda Kepri.

 

Dari keterangan calon Pekerja yang gagal berangkat ini, diketahui bahwa, sebelum diberangkatkan mereka lebih dulu dikumpulkan dan bertahan di hutan selama dua hari untuk menghindari petugas.

 

 

(wm/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password