Polisi Tangkap Pengepul Organ Tubuh Satwa Dilindungi Di Kalimantan Tengah

Tribratanews.polri.go.id – Palangkaraya. Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kalimantan Tengah, menangkap seorang pengepul sisik trenggiling (manis javanica) di Kecamatan Parenggean, Kabupaten Kotawaringin Timur.

 

Pria berinisial PL sebagai tersangka dalam kasus tersebut, tersangka tertangkap tangan ketika memperniagakan kulit atau unsur organ tubuh trenggiling sejumlah 16,8 kg di kediamannya. Berdasarkan hasil interograsi tersangka, kulit trenggiling tersebut rencananya akan dipasarkan ke sebuah daerah, sebab sudah terdapat pemesannya.

 

“Kulit trenggiling dengan berat 6,8 kg tersebut dibeli dengan harga Rp 50,481 juta. Sedangkan PL memasarkan ke orang yang memesannya ekuivalen Rp 3,1 juta per kg. Dengan berat sebanyak tersebut jika dipasarkan tersangka bakal mendapatkan duit sebesar Rp 52 juta,” jelas Wakil Direkrtur Ditreskrimsus Polda Kalteng AKBP Teguh Widodo di Palangka Raya.

 

PL ditahan di Mapolda Kalteng dan dikenakan Pasal 40 ayat (2) juncto Pasal 21 ayat (2) huruf d, Undang-Undang Nomor 5 tahun 1990 mengenai Konservasi Sumber Daya Alam hayati dan Ekosistemnya.

 

Berdasarkan UU No.5/1990, masing-masing orang dilarang guna memperniagakan, menyimpan atau mempunyai kulit tubuh unsur satwa yang dilindungi, perbuatan tersebut akan dikenakan pidana penjara sangat lama lima tahun dan denda paling tidak sedikit Rp 100 juta.

 

(fb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password