Tingkatkan Profesionalitas SDM Polri : Kapolres Trenggalek Luncurkan Program “T-SKILL”

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Di era globalisasi dan lonjakan teknologi saat ini menuntut Polri lebih berperan dalam segala lini masyarakat. Polri harus mampu mengikuti dinamika perubahan yang demikian pesat. Tak sebatas pada modernisasi perangkat, namun yang jauh lebih penting adalah modernisasi sumberdaya manusianya agar tidak tertinggal dengan perkembangan zaman.

Menyikapi hal tersebut, Polres Trenggalek menggelar program bertajuk “T-SKILL” yang merupakan kepanjangan dari Trenggalek-Semangat Kembangkan Ilmu Melalui Latihan. Program yang dilaksanakan tiap hari Rabu pagi selepas apel ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personal maupun satuan tentang ilmu kepolisian dan hukum. Setiap hari Rabu, Polres dan Polsek wajib melaksanakan latihan dengan materi fungsi teknis maupun pengetahuan umum secara bergantian.

Pagi ini Rabu (25/01), bertempat di halaman Mapolres, Aiptu Agus Budi Setyawan, S.H melatih seluruh anggota baris berbaris. Meskipun berpangkat Brigadir, namun kelihaian Aiptu Agus soal baris berbaris tak perlu diragukan lagi. Semua anggota kompak mengikuti perintah dan instruksinya.

Pelatihan baris berbaris di halaman Mapolres Trenggalek
Pelatihan baris berbaris di halaman Mapolres Trenggalek

“Sebagian besar anggota kan bekerja di lapangan, untuk refresh perlulah sekali-kali dilatih kembali tentang aturan dasar baris berbaris. Biar tidak lupa dan disiplin tetap melekat”, ujar Agus.

Sementara itu, Polsek Bendungan memilih latihan teknis beladiri menggunakan borgol.

Kapolsek Bendungan pimpin langsung pelatihan beladiri dan teknik penggunaan borgol
Kapolsek Bendungan pimpin langsung pelatihan beladiri dan teknik penggunaan borgol

“Setiap anggota pasti membawa borgol, ini bisa kita manfaatkan untuk membela diri sekaligus melumpuhkan lawan”, ujar Aiptu Suyono saat melatih di halaman parkir Mapolsek.

Sama halnya dengan Polsek Panggul dan Munjungan. Kedua Polsek ini juga melatih anggotanya beladiri menggunakan tangan kosong dan baris berbaris. Tangkisan, tendangan dan pukulan dilatihkan guna meningkatkan kemampuan anggotanya disaat menghadapi pelaku kejahatan.

Polsek Munjungan dengan pelatihan beladiri tangan kosong
Polsek Munjungan dengan pelatihan beladiri tangan kosong
Kapolsek Panggul latih anggotanya baris berbaris
Kapolsek Panggul latih anggotanya baris berbaris

Berbeda dengan Polsek Gandusari. Usai apel pagi, dipimpin langsung oleh Kapolsek AKP Rohadi, SH menggelar pelatihan tentang teknis penyidikan dan penerapan unsur-unsur pidana dalam KUHP.

Kapolsek Gandusari pimpin pelatihan tentang teknis penyidikan dan penerapan unsur-unsur pidana dalam KUHP
Kapolsek Gandusari pimpin pelatihan tentang teknis penyidikan dan penerapan unsur-unsur pidana dalam KUHP

“Masyarakat tahunya Polisi. Tidak peduli mau Sabhara, Binmas atau Intel, pokoknya Polisi. Ketika ditanya masyarakat, harus memahami alur dan proses penyidikan”, ujar Rohadi di depan anggotanya.

Sementara itu Kapolres Trenggalek, AKBP Donny Adityawarman, S.I.K, M.Si mengungkapkan, peningkatan kualitas dan skill merupakan bekal bagi personel dalam menjalani tugas dan fungsinya sebagai anggota Polri.

“Pelatihan akan terus kita tingkatkan. Kedepan akan kita coba menghadirkan narasumber dari luar yang memang berkompeten dibidangnya sehingga SDM Polres Trenggalek benar-benar mumpuni dan profesional”, tandas Donny.

Penulis : Ady
Editor : Handoko
Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password