Polisi Di Sulsel Bongkar Sindikat Penipuan Online Skala Internasional

Tribratanews.polri.go.id – Makassar. Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) berhasil membongkar sindikat penipuan dalam jaringan (daring) berskala internasional yang merugikan korbanya hingga ratusan juta rupiah.

 

Sindikat ini melibatkan warga negara asing (WNA), yang dibantu oleh warga Indonesia. Satu orang yang lebih dulu ditetapkan sebagai tersangka adalah, Hanny Armita, 35. Warga Kota Bengkulu itu berperan sebagai penadah hasil penipuan online yang didapatkan dari seluruh korban.

 

Polisi berhasil membongkar sindikat penipuan dalam jaringan tersebut berawal dari laporan yang diterima polisi dari salah satu korban yang mengalami kerugian hingga Rp 655 juta rupiah. Selanjutnya, Polisi melakukan penyelidikan hingga akhirnya berhasil mendeteksi keberadaan pelaku di Jakarta.

 

Selain mengamankan tersangka, polisi juga menyita sejumlah barang bukti berupa uang tunai Rp14 juta, uang dollar Amerika Serikat (AS) pecahan 100 sebanyak empat lembar, 14 kartu ATM beserta buku rekeningnya dari berbagai bank, serta sembilan telepon genggam (HP) jenis android maupun biasa.

 

Atas perbuatan pelaku, polisi kemudian menjeratnya dengan Pasal 25 ayat (1) dan Pasal 45 ayat (1) Undang Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara.

(fb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password