Polisi Dalami Aktor Intelektual dan Penyandang Dana Hoaks Surat Suara

Tribratanews.polri.go.idJakarta. Polisi masih mendalami aktor intelektual dan penyandang dana di balik penyebaran berita bohong (hoaks) surat suara sebanyak tujuh kontainer di Tanjung Priok yang sudah dicoblos. Kemungkinan munculnya tersangka baru tergantung dari hasil pemeriksaan dan bukti-bukti yang dikumpulkan polisi.

“Aktor intelektualnya masih didalami dulu,” jelas Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Dedi Prasetyo, di Gedung Mabes Polri, Jakarta, Rabu (10/01/19). Untuk mengungkap aktor intelektual, dibutuhkan jejak komunikasi meskipun handphone serta kartu SIM tersangka telah dibuang.

Karo Penmas Divisi Humas Polri mengatakan sebelum menetapkan Bagus Bawana Putra (BBP) sebagai tersangka pembuat konten hoaks surat suara yang sudah dicoblos, polisi membutuhkan hasil analisis dan alat bukti yang sangat matang. Polisi benar-benar memastikan suara dalam rekaman hoaks yang beredar cocok dengan tersangka.

“Sama dengan calon tersangka yang lain juga demikian. Artinya, harus ada analisis yang sangat matang dan proses pembuktian ilmiah harus clear. Apalagi itu jejak digital bukan sembarangan,” tegas Brigjen Pol. Dedi Prasetyo.

Untuk mengetahui siapa penyandang dana pembuat berita bohong tersebut, polisi juga mendalami keterangan BBP sebagai pembuat maupun buzzer (penyebar) kabar bohong tersebut.

Namun, dalam kasus ini polisi tidak melihat aliansi BBP kepada salah satu kubu. Polisi akan berpedoman pada penegakan hukum atas perbuatan yang dilakukan tersangka.

“Dari fakta hukum belum ditemukan dan ini belum selesai. Kami secepatnya mengungkap kasus ini biar tidak menjadi polemik,” jelas Karo Penmas Divisi Humas Polri .

(ym/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password