Polri Bersama Bawaslu Dan Bssn Bentuk Satgas Pengawas Hoaks

Tribratanews.polri.go.id – Cyber Crime Polri, Badan Siber Sandi Negara (BSSN), serta Kominfo akan bekerjasama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk membuat Satgas Pengawasan Hoaks. Satgas tersebut dibentuk untuk meningkatkan keefektifan dari Satgas yang sebelumnya.

 

Alasan terbentuknya Satgas tersebut juga karena belakangan ini hoaks semakin massif dan menjadi ancaman serius bagi penyelenggaraan Pemilu 2019.

 

Dalam hal ini Kepolisian memiliki wewenang untuk menindaklanjuti hoaks yang tersebar di media sosial sesuai dengan Undang-undang ITE. Sedangkan Bawaslu akan berperan sebagai pengawas.

 

Saat ini tujuan dibentuk Satgas Hoaks Pemilu untuk mengantisipasi sekaligus menindak segala berita bohong terkait Pemilu. Nantinya, akan diatur mengenai kewenangan penanganan hoaks. Misalnya, siapa pihak yang berhak menurunkan konten yang dinilai hoaks, atau siapa pihak yang berwenang menindak.

 

Harapan terbentuknya Satgas Pengawas Hoaks ini adalah menurunkan penyebaran berita hoaks yang saat ini semakin massif menjelang Pemilu 2019.

 

(fb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password