700 Ton BBM Ilegal, Nahkoda Kapal Tangker Jadi Tersangka

Tribratanews.polri.go.id – Bangka. Ditpolairud Polda Kepulauan Bangka Belitung baru menetapkan 1 tersangka yakni nakhoda kapal Tangker MT Majuan-5 bernama Hanjar Purwoko sementara 14 ABK berstatus saksi.

 

Seperti diketahui Tim Hiu Macan Subdit Gakkum Ditpolairud Polda Kepulauan Bangka Belitung mengamankan sekitar 700 ton BBM jenis solar diduga ilegal yang dibawa oleh Kapal Tangker MT Majuan-5.

 

Penangkapan tersebut dipimpin oleh Kanit Lidik Gakkum Ditpolairud AKP Teguh Setiawan diperairan Selat Bangka Kabupaten Bangka Barat pada Kamis (20/12/18).

 

BBM jenis solar dengan kualitas rendah ini berangkat dari wilayah Sumatera Selatan dengan tujuan Kalimantan.

 

Pihak Gakkum Dirpolairud masih melakukan pemanggilan terhadap pengirim BBM tersebut.

 

Kasubdit Gakkum Dirpolairud Polda Babel, AKBP Irwan Deffi Nasution menjelaskan,  “Saat ini masih 1 tersangka nakhoda kapal Tangker MT Majuan-5, sementara ABK nya berstatus saksi kita juga sudah layangkan surat pemanggilan untuk pengirim BBM tersebut,”  Senin (07/01/19).

 

Para pelaku dijerat dengan Pasal 53,54 huruf (b) UU No 22 Th 2001 tentang (Migas) Jo 55,56 dan Pasal 62 ayat 1 UU No 8 Th 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

 

“Kita sudah cek ke Laboratorium milik Pertamina dan dipastikan adalah solar dengan kualitas dibawah standar,” jelas Kasubdit Gakkum Dirpolairud Polda Babel.

 

(wm/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password