Polisi Amankan Kegiatan Wisata dan Ritual Adat di Watu Pinawetengan Minahasa

Tribratanews.polri.go.id – Minahasa. Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang menerjunkan personelnya untuk lakukan pengamanan kegiatan wisata dan ritual adat dalam menyambut Tahun Baru 2019 di Cagar Budaya Watu Pinawetengan Kecamatan Tompaso Kabupaten Minahasa, Kamis(3/1/19).

Dalam kegiatan ritual adat tersebut Polres Minahasa menerjunkan personelnya sebanyak 248 yang terdiri dari personel Polres Minahasa dan Polsek Tompaso.

Agenda tahunan tersebut diyakini masyarakat Minahasa sebagai hari berkumpulnya sembilan Leluhur/Dotu Minahasa untuk membagi wilayah (Sub Etnis) masing-masing, Tontemboan, Tombulu, Tonsea, Tolour, Tonsawang, Pasan, Ponosakan, Bantik dan Siau.

Kegiatan ritual adat ini dilakukan secara bergantian oleh kelompok masyarakat yang terdiri dari Ormas-Ormas Adat, yakni Waraney, Ormas Kristen Laskar Benteng Indonesia/OKLBI, Milisi Waraney, Minahasa Tou Indonesia, Garda Totosik, Waraney Puser Intana, Puser Minahasa, BRT Kakas, Waraney Waha, Penghayat Mangunin Esa Keter, Manguni Muda dan para pemerhati budaya serta pengunjung lainnya yang berjumlah sekitar 1500 orang.

(sm/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password