Polisi Tutup Markas KNPB di Timika Papua

Tribratanews.polri.go.idTimika. Kepolisian Resor Mimika,mengambil alih kantor atau markas Komite Nasional Papua Barat (KNPB) wilayah Timika yang berlokasi di komplek sosial Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Senin (31/12/18). Pengambilalihan markas organisasi yang memperjuangkan Papua lepas dari NKRI itu diawali dengan penggeledahan kantor sekretariat dan menyita atribut KNPB.

“Memang benar anggota Polres Mimika yang dibantu TNI telah mengambil alih bangunan yang selama ini menjadi kantor sekretariat atau markas KNPB di Timika,” kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal di Jayapura.

Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto menjelaskan bahwa apa yang dilakukan aparat keamanan itu berdasarkan surat yang menyatakan ada kegiatan yang melawan eksistensi NKRI.


Operasi yang dibantu anggota TNI dipimpin Kabag Ops Polres Mimika AKP Andika Aer sempat mendapat penolakan dari simpatisan KNPB.

Menurut Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal Polri dan TNI hadir di Tanah Papua ini untuk menjaga persatuan dan kesatuan, apalagi di beberapa tempat masih terjadi pertumpahan darah akibat perang antar suku, sehingga aparat keamanan berupaya memisahkan dan mengamankan agar tidak terjadi pertumpahan darah lagi.

“Siapapun yang ingin melanjutkan pergerakan ini apapun manifestasinya, apapun bentuknya akan kami tindak dengan tegas sesuai ketentuan hukum yang berlaku dan terhadap simpatisan dan pengurusan KNPB akan dimintai keterangannya,” katanya.

“Mulai hari ini Sekretariat KNPB tidak diperbolehkan beroperasi dan markasnya diambil alih menjadi Pos TNI dan Polri,” tambah Kabid Humas Polda Papua mengutip pernyataan Kapolres Mimika di hadapan pengurus dan simpatisan yang berada di markas KNPB di Timika.

Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal mengakui lima orang pengurus dan simpatisan KNPB kini diamankan dan diperiksa di Mapolres Mimika di Timika termasuk Ketua I Yanto Awerkion. Pukul 09.15 WIT, bendera Merah Putih dikibarkan di jendela bagian depan kantor sekretariat KNPB oleh Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto, dilanjutkan pengecatan bendera Merah putih pada dinding tembok kantor tersebut yang sebelumnya berlambang KNPB. Tercatat sekitar 80 personil TNI/Polri dikerahkan dalam kegiatan tersebut.

(ym/sw/hy)

Admin Polri55735 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password