Polda Kep. Babel : Tsunami di Perairan Bangka Selatan Adalah HOAX

Tribratanews.polri.go.id – Pangkalpinang. Beredar kabar terjadinya tsunami di perairan Bangka selatan Prov. Kep. Bangka Belitung.

Kabid Humas Polda Kep. Babel, AKBP Drs. A. Maladi menjelaskan bahwa kabar tersebut tidak bener (HOAX).  Kabar sebenarnya yang diketahui adalah informasi dari Pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geoflsika (BNKG) Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung kabar tersebut hanya peringatan dini terkait potensi gelombang laut yang akan mencapai enam meter yang dapat terjadi di perairan selatan Bangka pada Minggu (30/12/18)

“Gelombang maksimum setinggi itu harus diwaspadai karena dapat membahayakan keselamatan,” ujar prakirawan pada Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas l Pangkalpinang, Fauzia Rizki di Pangkalpinang.

Selain di selatan Bangka, BMKG juga mengimbau agar masyarakat atau nelayan juga mewaspadai gelombang maksimum yang dapat mencapai 4,0 meter di perairan Selat Gelasa, utara Bangka, dan Selat Karimata.
Ketinggian gelombang signiflkan di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan antara 0,25 sampai 1,0 meter, di Selat Gelasa, utara Bangka, dan Selat Karimata 0,5 sampai 2,0 meter, sedangkan di selatan Bangka dapat mencapai 0,5 sampai 3,0 meter.

Kabid Humas Polda Kep. Babel AKBP Drs. A. Maladi menghimbau kepada masyarakat Bangka belitung khususnya Bangka Selatan agar tetap tenang dengan beredarnya info akan terjadinya Stunami tersebut, Info yang beredar dengan terjadinya tsunami tersebut tidak benar (HOAX).

(my/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password