AYO JADI POLISI : Polda Riau Sosialisasi Pendaftaran Calon Perwira Sumber Sarjana

IMG-20170125-WA0317

Tribratanews.polri.go.id – Polda Riau telah melaksanakan dialog interaktif di Studio RRI Pro 1 FM 99,1 MHz. Yang dihadiri oleh Kasubbag Diapers Biro SDM Polda Riau Kompol Wisnu Wibowo SIK mewakili Karo Sdm Polda Riau bertempat Di Studio RRI Jalan Sudirman Pekanbaru, Rabu (25/1/2017)

IMG-20170125-WA0316

Saat ini Kepolisian Daerah Riau telah membuka pendaftaran SIPSS (Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana) 2017 yang telah dibuka secara online sesuai dengan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/88/I/2017 tanggal 12 Januari 2017 lalu.

SIPSS bertujuan menghasilkan Inspektur Polisi yang memiliki sikap, perilaku, pengetahuan dan keterampilan sebagai penyelia terdepan (first line supervisor) yang bermoral, profesional dan modern dalam rangka melaksanakan tugas umum Kepolisian selaku pemelihara kamtibmas, penegak hukum pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Pada penerimaan Perwira Sumber Sarjana kali ini akan ada 17 Prodi ataupun jurusan sarjana yang dapat mengikuti pendafataran anggota polri jalur SIPSS tahun 2017. Dan sarjana yg diambil sesuai dengan kebutuhan organisasi Kepolisian.

Pendaftaran mulai dari tanggal 25 Januari 2017 sampai dengan tanggal 28 Februari 2017. Dengan Prodi yang dibutuhkan :
1. S2 Profesi Kedokteran Forensik
2. S2 Profesi Psikologi
3. S1 Profesi Kedokteran Umum
4. S1 Profesi Kedokteran Gigi
5. S1 Desain Grafis
6. S1 Hubungan Internasional
7. S1 Hukum Pidana
8. S1 Ilmu Komunikasi (Jurnalistik)
9. S1 Ilmu Komunikasi (Public Relation)
10. S1 Ilmu Sejarah
11. S1 Kurikulum Pendidikan
12. S1 Sistem Informasi
13. S1 Seni Musik
14. S1 Psikologi
15. S1 Teknik Informatika
16. S1 Teknik Informatika (Peminatan Jaringan)
17. S1 Teknik Informatika (Peminatan Sistem Multimedia)
18. S1 Teknik Elektro
19. S1 Teknik Sipil
20. S1 Teknik Telekomunikasi
21. S1 Teknik Nuklir
22. S1 Teknik Metalurgi
23. S1 Teknik Kimia
24. S1 Sandi Negara
25. D-IV Ahli Nautika Tk. III

Pendaftaran secara online melalui situs www.penerimaan.polri.go.id dan selanjutnya mengambil nomor registrasi di tempat pendaftaran SPN Pekanbaru yang terletak di Jalan Patimura No.13 Pekanbaru. Dengan membawa nomor registrasi online.

Tes yang dilakukan untuk Sumber Sarjana dilaksanakan dua seleksi. Di tingkat daerah di Pekanbaru dan seleksi kedua di Jakarta. Seleksi ada beberapa nilai masing masing item dengan sistem ranking dan sistem gugur. Pendaftar SIPSS dari satu jurusan semakin banyak kuota yang dibutuhkan.

“Persyaratan umum meliputi Warga Negara Indonesia, dia mesti punya KTP, KK, Akte kelahiran, Ijazah mulai dari SD, SMP, SMA dan Ijazah Sarjananya serta sertifikat Ban PT akreditasi dari Universitas, Ungkap Kasubbag Diapers Ro SDM Polda Riau Kompol Wisnu Wibowo S.IK.

Seleksi Tingkat Daerah diantaranya :
– Pemeriksaan Administrasi Awal, Ujian untuk memeriksa kelengkapan administrasi pendaftar, sekaligus mengukur tinggi badan dan berat badan.

– Pemeriksaan Kesehatan Tahap 1, Serangkaian kegiatan pemeriksaan medis yang dilaksanakan untuk seleksi Calon Siswa SIPSS, meliputi kesehatan luar.

– Pemeriksaan Psikologi, Serangkaian kegiatan yang meliputi pengumpulan dan pengolahan data psikologi untuk mengungkap karakteristik individu berdasarkan nilai dan persyaratan yang ditetapkan, dan Pemeriksaan Psikologi tingkat daerah dilaksanakan secara tertulis.

– Pemeriksaan Kesehatan Tahap 2, Meliputi pemeriksaan kesehatan dalam dan laboratorium.
– Pemeriksaan Kesehatan Jiwa, Ujian yang dilakukan Panitia Daerah untuk mengetahui kesehatan jiwa calon Taruna/i Akademik Kepolisian.

– Pemeriksaan Administrasi Akhir, Ujian untuk memeriksa kelengkapan admnistrasi pendaftar.
– Sidang Terbuka Kelulusan Tingkat Daerah, Pengumuman Calon Siswa SIPSS yang lulus tingkat Daerah untuk dikirim mengikuti seleksi tingkat pusat.

Selanjutnya Seleksi Tingkat Pusat diantaranya :
– Pemeriksaan Administrasi Awal
– Pemeriksaan Kesehatan
– Pemeriksaan Psikologi & Penelusuran Mental Kepribadian (wawancara), Serangkaian kegiatan yang meliputi pengumpulan dan pengolahan data psikologi untuk mengungkap karakteristik individu berdasarkan nilai dan persyaratan yang ditetapkan. Dan penelusuran mental kepribadian dengan metode wawancara.

– Tes Potensi Akademik, Ujian akademik tingkat pusat terdiri dari TPA (Tes Potensi Akademik), Wawasan Kebangsaan dan Toefl. Pelaksanaan ujian akademik tingkat Pusat menggunakan sistem CAT Computer.

– Uji Kesamaptaan Jasmani, Renang Dan Anthropometri.

– Sidang Terbuka Kelulusan Tingkat Pusat, Pengumuman Calon Siswa SIPSS yang lulus tingkat Pusat untuk dikirim mengikuti pendidikan.

Himbauan kepada masyarakat bahwa masuk polisi tidak dipungut biaya. Yang ada saat ini ketidakyakinan dari peserta atas kemampuan diri sendiri untuk masuk polisi. Untuk itu Persiapan diri kita untuk masuk Polisi, intinya kepercayaan diri optimis yakin. Sistem one day sevice, Tes hari itu, seleksi hari itu dan hasilnya hari itu juga. Dan semua dilaksanakan dengan prinsip BETAH (Bersih, transparan, akuntabel dan humanis).*

Penulis: Anggi

Editor : Kang Ikbal

Publis : Veri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password