Polda Gorontalo Gelar Upacara Peringatan Hari Bela Negara

Tribratanews.polri.go.id – Gorontalo. Kapolda Gorontalo Brigjen Pol. Rachmad Fudail. MH memimpin upacara peringatan Hari Bela Negara yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Polda Gorontalo, Rabu(19/12/18).

Dalam Kegiatan upacara tersebut diikuti oleh para Pejabat Utama dan seluruh Personel Polda Gorontalo.

Pada kesempatan tersebut Kapolda Gorontalo membacakan amanat Mentri Kordinator Politik Hukum Dan Ham (MENKOPOLHUKAM), yang dalam amanatnya pada hari ini 70 tahun yang lalu Mr. Syafrudin Prawiranegara, Mentri Kemakmuran RI medeklarasikan darurat Republik Indonesia (PDRI) atas inisiatifnya melampui panggilan tugas yang menjadi tanggung jawab beliau. upaya politik dan Diplomasi MR. Syafrudin Prawira Negara terbukti berhasil mengatasi kekuatan militer penjajah, dan menunjukan Kepada Dunia bahwa Republik Indonesia masih tetap berdiri tegak. Bela Negara tidak tidak dapat hanya dilakukan dengan kekuatan fisik dan senjata semata,namun harus dilakukan melalui beragam upaya dan profesi.

“Untuk mewadahi hal tersebut, September lalu telah ditertibkan Inpres Nomor 7 Tahun 2018 tentang rencana aksi Nasional Bela Negara Tahun 2018-2019. Inpres ini menggenapi perwujudan amanat Bela Negara dalam UUD 1945 dan peraturan perundang-undangan tentang pertahanan Negara. Inpres ini mewujudkan Bela Negara sebagai Hak Asasi Manusia Bangsa Indonesia sesuai Pasal 68 Undang-undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang hak asasi manusia (HAM). Tugas Bela Negara tentulah bukan tugas yang ringan seiring dengan makin kompleksnya tantangan yang dihadapi. Namun saya yakin melaluli sinergi antar segenap elemen Bangsa Indonesia, yang sipil, yang militer, yang menjalankan usaha, yang mewartakan berita, hingga yang menjadi teladan masyaraka, kita semua mampu membawa Indonesi menjadi Negara yang berdaulat, mandiri, adil, dan makmur, serta berkepribadian dalam kebudayaan,” tambah Kapolda Gorontalo.

Sebelum mengakhiri amanatnya Kapolda Gorontalo menambahkan Peringatan Hari Bela Negara ini rutin dilaksanakan tiap tahunya untuk mengenang peristiwa dimana Mr. Syafrudin Prawinegara menjalankan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia sebagaimana mandat yang diberikan Presiden Ir. Soekarno dalam rangka mempertahankan kedaulatan pemerintahan Indonesia dari Agresi Militer Belanda II.

(sm/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password