Akhir Tahun, Polair Polda Babel Sita 700 Ton BBM Ilegal

Tribratanews.polri.go.id – PANGKALPINANG. Ditpolair Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengamankan 14 orang anak buah kapal (ABK) dan nahkoda beserta kapal bermuatan 700 ton bahan bakar minyak (BBM) ilegal jenis solar di wilayah Perairan Selat Bangka, Muntok, Kepulauan Bangka Belitung.

“BBM ilegal tersebut berhasil diamankan setelah Tim Opsnal Subdit Gakkum menerima informasi pada pukul 10.00 WIB bahwa ada satu unit kapal membawa BBM tanpa dilengkapi dokumen yang sah di Perairan Muntok,” jelas Kapolda Kep. Babel Brigjen Pol. Drs. Istiono, M.H., saat konferensi pers akhir tahun di Pangkalpinang, Jumat (28/12).

Baca juga: Antisipasi Membludaknya Wajib Pajak, Samsat DKI “Full Day Service” di Akhir Tahun

Pengungkapan tersebut bermula dari laporan masyarakat. Kemudian Tim Opsnal melakukan penyelidikan di Perairan Muntok dan menemukan satu unit kapal MT Majuan-5 sedang mengangkut BBM kurang lebih 700 ton tanpa dilengkapi dokumen resmi.

“Setelah diketahui tidak memiliki izin, petugas langsung mengamankan nakhoda dan anak buah kapal beserta barang bukti untuk dibawa ke Dermaga Ditpolair Polda Babel,” ujarnya.

Menurut Brigjen Pol. Istiono pengungkapan kali ini merupakan keberhasilan jajarannya dalam mengungkap tiga kasus besar dalam setahun terakhir.

“Kasus penyelundupan BBM ilegal yang berhasil digagalkan ini merupakan kasus yang cukup besar dalam tiga tahun terakir. Terkait hal ini kami akan terus memaksimalkan Satgas Lundup untuk menggagalkan segala macam aktivitas penyelundupan di Perairan Bangka Belitung,” paparnya.

Atas perbuatannya, para tersangak dijerat dengan Pasal 53,54 huruf (b) UU No 22 Th 2001 tentang (Migas) Jo 55,56 dan Pasal 62 ayat 1 UU No 8 Th 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

(img/rd/rp)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password