Kapolda Bali Pimpin Rapat Koordinasi Pengamanan Kuta Beach Fireworks Festival

Tribratanews.polri.go.id – Badung. Kapolda Bali memimpin rapat koordinasi pengamanan Kuta Beach Fireworks Festival di Gedung Rupatama Polda Bali, Jumat (28/12/18).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Wakapolda Bali Brigjen Pol. Drs. I Wayan Sunartha, Pejabat Utama Polda Bali, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung Made Badra, EO Kuta Beach Fireworks Festival dan Kapolresta Denpasar, AKBP Ruddi Setiawan, S.H., S.I.K.

Perayaan malam tahun baru 2019 di Bali akan berbeda dari tahun sebelumnya. Kali ini, Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose berinisiasi dan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Badung akan membuat acara yang sangat spektakuler, yaitu “Kuta Beach Fireworks Festival”.

Tujuan dari acara ini digelar untuk mempromosikan Bali di mata dunia sehingga banyak wisatawan yang datang dan merayakan tahun baru di Bali.

Rapat koordinasi ini dilaksanakan untuk menyamakan persepsi sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing terkait kegiatan Kuta Beach Fireworks Festival dalam rangka menyambut tahun baru 2019. Selain itu rapat ini bertujuan untuk memperoleh gambaran situasi umum wilayah Kuta, kerawanan-kerawanan yang mungkin terjadi, personel-personel yang dilibatkan, bagaimana cara bertindak dan bagaimana hubungan tata cara kerja serta mekanisme koordinasi antar fungsi maupun antar instansi sebagai pelaksana pengamanan kegiatan.

Kapolda mengatakan, kegiatan ini merupakan event pertama yang menyuguhkan pertunjukan kembang api spektakuler di atas kapal laut yang akan diadakan di Pantai Kuta dalam menyambut tahun baru 2019. Tujuan digelarnya event ini untuk menarik minat wisatawan lokal maupun asing agar berkunjung dan menikmati pergantian malam tahun baru di Bali. “Untuk itu, pengamanan harus kita tingkatkan. apabila kegiatan ini berhasil maka akan dicanangkan untuk menjadi agenda rutin atau acara tahunan berskala internasional di Pulau Dewata,” jelas Kapolda.

Kapolda menjelaskan, mengingat besarnya biaya yang dikeluarkan dari event ini, maka akan dipersiapkan personel untuk menjaga dan mengawal pergerakan kembang api. Mulai dari gudang penyimpanan ke Pelabuhan Benoa maupun dari mobil angkut ke atas kapal hingga lancar sampai pada puncak acara yaitu menyalakan kembang api.

Kapolda juga menambahkan bahwa Polri sebagai pengemban fungsi pengamanan tentu tidak bekerja sendiri dalam event yang diprediksi akan menarik perhatian masyarakat luas ini. Untuk itu, diharapkan kepada para stakeholders terkait, baik Pemprov, Dinas Pariwisata, TNI, Dishub, Pecalang dan mitra Polri lainnya untuk membantu pengamanan ini agar berjalan dengan aman dan lancar sehingga masyarakat dan wisatawan domestik maupun mancanegara akan terus berkunjung ke Pulau Bali yang indah ini. “Demi kelancaran pelaksanaan event besar ini, mari kita bekerjasama dengan tulus ikhlas dan penuh tanggung jawab sesuai tugas dan peran masing-masing untuk menciptakan perayaan tahun baru 2019 yang meriah, aman, dan tenteram. Pastikan keberhasilan pengamanan kegiatan ini menjadi titik awal keberhasilan kita menyongsong tahun baru 2019,” jelas Kapolda.

Untuk diketahui bahwa dalam acara Kuta Beach Fireworks Festival, sebanyak 5.000 shoot kembang api akan menghiasi langit Pantai Kuta saat pergantian tahun. Kembang api seberat 350 Kg itu akan dipasang di atas kapal laut LCT yang nantinya akan digeser di tepi laut Pantai Kuta dengan jarak 30 meter dari tempat acara. Tidak hanya di laut, kembang api yang berada di daratan juga akan dinyalakan.

(Bg/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password