Kapolri Jadi Inisiator Binmas Noken Polri di Papua

Tribratanews.polri.go.id – Jayapura. Satgas Binmas Noken Polri merupakan suatu program yang digagas oleh Kapolri Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D. Program ini terwujud karena kecintaan Kapolri kepada tanah Papua.

Dalam program ini, bersama Polri, Masyarakat dan TNI melaksanakan program Binmas Noken Polri, misalnya memberikan bantuan program, pendampingan program dan memberikan pelatihan, sehingga masyarakat tidak hanya menikmati, tapi mendapatkan ilmu dari program-program tersebut.

Rencananya untuk program Binmas Noken Polri pada tahun 2019 akan menyisir Kabupaten Nduga dan Tolikara. Ini dilakukan lantaran Kabupaten Nduga, khususnya Mbua dan Yigi terjadi kekerasan yang diduga dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) pada awal Desember lalu.

“Kami yakin di Nduga pasti ada anak yang stres karena trauma akibat kejadian ini. Maka kedepan ada program pemulihan trauma bagi anak-anak Nduga,” jelas Kasatgas Binmas Noken.

Saat ini, Binmas Noken Polri memiliki ratusan anak peserta didik yang tersebar di pegunungan tengah Papua. Misalnya beberapa waktu lalu, perwakilan peserta didik yang berjumlah 100 anak diterbangkan ke Kota Jayapura dari kampungnya masing-masing. Salah satu tujuannya adalah melihat perkembangan Papua.

Ratusan anak didik itu oleh Binmas Noken Polri diajak berkeliling Kota Jayapura, bermain di pantai, mengunjungi wilayah perbatasan Papua dan Papua Nugini di Skouw hingga menonton film bersama di bioskop XXI pada salah satu pusat perbelanjaan di Kota Jayapura.

“Kegiatan ini menjadi kado akhir tahun Binmas Noken Polri kepada anak-anak di Papua dan diharapkan mampu mengukir kenangan yang tidak terlupakan dan menciptakan kebahagiaan tersendiri bagi anak-anak Binaan Binmas Noken Polri,” jelas Kasatgas Binmas Noken Polri.

(wm/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password