Polri Ajak Ojol Jadi Pelopor Road Safety

Tribratanews.polri.go.id – JAKARTA. Dirkamsel Korlantas Polri, Brigjen Pol. Dr. Chryshnanda Dwilaksana, M.Si., mengajak ojek online (ojol) untuk menjadi pelopor road safety. Hal tersebut dikarenakan saat ini ojol menjadi salah satu angkutan favorit masyarakat modern. Selain cepat dalam efisiensi waktu, juga praktis dan lebih ekonomis.

Meskipun begitu, dilihat dari segi keselamatan maka kendaraan bermotor roda dua paling rentan dan fatalitas mengalami kecelakaan.

Baca juga:

Malam Pergantian Tahun, Polri Berlakukan Rekayasa Lalu Lintas di Jakarta

Ditlantas Polda Banten Kumpulkan Kendaraan yang Terdampak Tsunami di Tiga Tempat

Terlebih lagi, saat ini banyak sekali oknum ojol berkendara semaunya sendiri dan melanggar aturan lalu lintas. Pelanggaran mulai dari melawan arah, menerobos lampu merah, parkir sembarangan hingga membiarkan penumpangnya tidak memakai helm. Hal tersebut bukan hanya merugikan diri sendiri tapi juga orang lain.

Maka dari itu, Dirkamsel Korlantas Polri, mengimbau para pengendara khususnya para ojol untuk bijaksana dalam mentaati peraturan berlalu lintas.

“Lalu lintas untuk aman, selamat, tertib dan lancar tenti tidak bisa dibiarkan semau-maunya. Tidak lagi boleh yang kuat mendominasi atau monopoli. Azas kebersamaan, azas persamaan hak, azas keterbukaan, azas keadilan hingga kemanusiaan tidak boleh diabaikan,” jelas Dirkamsel Korlantas Polri.

Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan ojol sebagai pelopor lalu lintas di antaranya:

1. Sistem data yang baik dari ojol di sharingkan atau dibagikan dengan pihak kementerian terkait maupun pihak kepolisian terkait adanya sistem pelayanan ojol yang prima.

2. Sistem tarif yang tidak main banting harga atau ada standar kepastian harga yang bisa digunakan ojek yang eksisting.

3. Sistem manajemen yang ada dapat mendukung sistem transportasi angkutan umum antar moda yang sudah ada dan akan dibangun pemerintah.

4. Membantu pemerintah dalam melaksanakan program e-tle atau e-tilang, erp atau e-parking, e-banking, dan sebagainya.

5. Memenuhi persyaratan standar yang menjadi standar road safety online atau terhubung secara elektronik yang semestinya mampu mendukung upaya-upaya terwujudnya lalu lintas yang aman, selamat, tertib dan lancar. Mendukung upaya-upaya meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan. Mendukung terbangunya budaya tertib berlalu lintas, serta mendukung adanya pelayanan prima di bidang lalu lintas dan angkutan jalan yang cepat tepat akurat transparan akuntabel informatif dan mudah diakses.

(img/rd/rp)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password