Kapolda Sumbar Pimpin Upacara Peringatan Hari Bela Negara

Tribratanews.polri.go.id – Padang. Kapolda Sumbar, Irjen Pol. Drs. Fakhrizal, M.Hum., memimpin langsung Upacara peringatan Hari Bela Negara ke-70 di halaman Mapolda Sumbar, Rabu (19/12).

 

Upacara tersebut dihadiri oleh Wakapolda Sumbar, Brigjen Pol. Drs. Damisnur. AM, SH. MM, pejabat utama Polda Sumbar, para Pamen, Pama, Bintara dan ASN dilingkungan Polda Sumbar.

 

Diawali dengan mengheningkan cipta, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar Bela Negara. Kemudian Kapolda membacakan amanat Presiden RI Joko Widodo.

 

Hari Bela Negara diperingati setiap tanggal 19 Desember untuk mengenang Deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) oleh Mr. Syafruddin Prawiranegara, di Bukittinggi, pada 19 Desember 1948.

 

Bela negara tidak dapat dilakukan dengan kekuatan fisik dan senjata semata, tapi harus dilakukan melalui beragam upaya dan profesi. Segenap aparatur negara, baik sipil maupun militer yang tengah berjuang melakukan tugasnya di pelosok tanah air, sesungguhnya sedang melakukan bela negara.

 

Kapolda Sumbar mengatakan, tidak hanya TNI-Polri, profesi guru juga dimaknai sebagai bela negara. Mereka yang mengajar walaupun bukan guru, mengajak masyarakat untuk hidup sehat walaupun mereka bukan pegawai kesehatan.

 

 

 (rj/sw/hy)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password