Bersama Instansi Terkait, Polri Kerahkan Personel Bantu Korban Bencana Tsunami di Pantai Barat Banten

Tribratanews.polri.go.id- Jakarta. Telah terjadi bencana alam tsunami di Pantai Barat Provinsi Banten dan Provinsi Lampung Selatan pada hari Sabtu (22/12/18).

 

Menurut press release yang dilakukan oleh Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, S.T., Dipl. Seis, M.Sc., mengatakan bahwa menurut analisa sinyal seismik yang didapat dari beberapa sensor siesmik terdekat dengan lokasi tsunami menyatakan kejadian tsunami tersebut tidak disebabkan oleh gempa bumi karena tidak adanya rekaman gempa bumi pada waktu yang berdekatan saat terjadinya tsunami tersebut.

 

Sedangkan data sementara yang didapat dari hasil pengamatan tercatat data anatara lain Tidegauge Serang tercatat pukul 21.27 WIB ketinggian 0.9 m, Tidegauge Banten tercatat pukul 21.33 WIB ketinggian 0.35 m, Tidegauge Kota Agung Lampung tercatat pukul 21.35 WIB ketinggian 0.36 m, Tidegauge Pelabuhan Panjang tercatat pukul 21.53 WIB ketinggian 0.28 m.

 

Sedangjkan menurut data yang dikutip dari  BNPB untuk korban yang telah terdata sementara adalah 43 orang meninggal dunia, 584 orang mengalami luka-luka, dan 2 orang belum ditemukan.

 

Pasca peristiwa bencana tersebut, Kepolisian mengerahkan personelnya bersama dengan BNPD, TNI, Basarna, dan unsur lainnya terus berusaha melakukan evakuasi-evakuasi dibeberapa titik bencana dan juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

 

(rz/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password