Mudik Natal dan Tahun Baru, Polda Jateng Larang Rest Area Dimanfaatkan Untuk Kegiatan Politik

Tribratanews.polri.go.id – SEMARANG. Polda Jawa Tengah (Jateng) mengimbau dan meminta instansi pihak terkait untuk terlibat dalam pengawasan agar lokasi rest area tidak dimanfaatkan sebagai ajang kampanye dan politik.

“Jadi kami minta rest area tol di 18 titik dan jalur lainnya non tol jangan dimanfaatkan, mendirikan, memfasilitasi tenda partai politik untuk menarik simpati. Kami minta instansi terkait untuk terlibat pengawasan saat momen banyak orang liburan. Jangan sampai satupun caleg memfasilitasi pada kegiatan arus mudik di jalur dilewati, jelas Karoops Polda Jawa Tengah, Kombes Pol. Drs. Hariyanto, S.H., M.H., di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (20/12).

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Banwaslu Jateng akan turun ke lokasi-lokasi yang rawan digunakan kampanye.

Baca juga: Kelayakan Mobil Dicek, Puluhan sopir di Terminal Alam Barajo Jambi Dites Urine

Polda Jateng akan mengerahkan personel gabungan sebanyak 16 ribu personel di sepanjang jalur yang melintas di Jateng terutama jalur Tol Trans Jawa sepanjang 350 kilometer.

“Kita kerahkan personel gabungan yakni Polri 8.523, TNI 1.431, personel gabungan 6.890 terdiri ormas, Dishub. Semua personel siap kita lakukan penjagaan di setiap lokasi potensi titik kumpul masyarakat seperti rest area,” imbuhnya.

Sedangkan untuk menekan angka kemacetan, polisi akan membatasi muatan kendaraan berat yang melintasi fly over Kretek Bumiayu, Brebes. “Kita optimalkan penjagaan di jembatan timbang. Di mana truk muatan 8 ton dilarang melintas kecuali pengangkut BBM, barang ekspor dan sembako.”

Karoops Polda Jateng juga mengimbau para pemudik untuk berhati-hati saat melintasi Jalur Pantura. Karena rawan laka lantas dikarenakan jalanan licin akibat curah hujan yang tinggi.

(img/rd/rp)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password