Disdukcapil Balangan Musnahkan Ribuan KTP Rusak

Tribratanews.polri.go.id, Polres Balangan – Pemilu damai aman dan sejuk adalah tujuan dari Polri dan KPU, menyikapi hal tersebut Pemerintah Kabupaten Balangan khususnya Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Balangan lakukan kegiatan pembakaran KTP yang sudah tidak terpakai di depan Gedung Dukcapil Kabupaten Balangan, Rabu (19/12).

Kadisdukcapil Kabupaten Balangan H Hifnie MH pada Rabu (19/12/2018) mengatakan, alasan pemusnahan KTP El secara dibakar ini sebagaimana diketahui saat ini merupakan tahun politik.

Segala kejadian yang bisa dihubungkan dengan proses pemilu bisa saja terjadi seperti ramainya pemberitaan KTP El yang tercecer.

“Alhamdulillah di Kabupaten Balangan sampai saat ini tidak pernah terjadi keteledoran dalam penatausahaan blanko KTP El yang rusak atau invalid,” ujarnya.

Seperti diketahui KTP El invalid adalah KTP yang tidak dipakai lagi karena rusak, gagal percetakan, bekas akibat perubahan biodata.

Setiap KTP yang gagal cetak, atau penarikan karena rusak, pindah, dan perubahan data Disdukcapil Kabupaten Balangan selalu menandai dengan cara dilobangi sehingga tidak dapat dipergunakan dan disalahgunakan lagi.

“Saat ini untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan maka turun surat edaran menteri dalam negeri no.470.13/1117/sj, tanggal 13 Desember 2018 tentang penatausahaan KTP El rusak atau invalid harus dimusnahkan dengan cara dibakar,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikannya, bahwa total KTP El yang dimusnahkan oleh Disdukcapil Kabupaten Balangan berjumlah 10.582 keping dengan rincian gagal cetak 78, bekas karena rusak 2.780, bekas perubahan data karena pindah 1.715, dan bekas perubahan data karena perubahan biodata 6.009.

Menurutnya, seluruh KTP El yang dibakar tersebut merupakan KTP El yang terkumpul dari tahun 2017, 2018 dan hingga saat ini, sementara KTP El yang dari 2016 kebawah dilakukan penyerahan ke pusat.

“Setelah adanya kegiatan ini kedepannya Disdukcapil Kabupaten Balangan akan rutin setiap bulannya melakukan pemusnahan melalui cara dibakar,” pungkasnya. (Fd/Rd/Rp)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password