Gelar Razia Dadakan, Satu Sopir Positif Narkoba

Tribratanews.polri.go.id, Polres Balangan – Satuan Resnarkoba Polres Balangan secara mendadak melakukan tes urine terhadap puluhan sopir taksi antar Kota/Kabupaten dalam provinsi , di Terminal Pengujian Kir Dishub Kabupaten Balangan bekerjasama dengan BNNK Balangan, Rabu (19/12/2018).

Pemeriksaan tes urine yang dimaksudkan untuk memastikan tidak ada sopir yang berada dalam pengaruh miras dan narkoba saat mengemudikan bus dan angkutan umum ini, sedikitnya adanya 15 orang sopir yang dites urinenya.

Kasat Narkoba Polres Balangan, AKP Fadillah mengungkapkan, kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi agar sopir tidak mengkonsumsi miras dan memakai narkoba, sehingga membahayakan keselamatan penumpangnya.

Selain itu, kata dia, tes urine ini juga sebagai upaya dalam pencegahan dan pemberantas penyalahgunaan narkoba khususnya dikalangan para sopir ini

“Dari 15 sopir yang kita tes urine ada 1 orang pengemudi yang terindikasi positif  narkoba zat methamphetamin, sedangkan 14 orang lainnya tidak terindikasi positif narkoba,’’ bebernya.

Selain itu, Fadillah mengakui, pihaknya sudah melakukan pengembangan terhadap temuan sopir yang terbukti positif mengunakan narkoba dalam tes uren tersebut.

“Kita sudah melakukan interogasi kepada yang bersangkutan,” bebernya.

Terakhir, dirinya mengatakan, sopir yang hasil tes urinnya positif menggunakan narkoba. Maka supir tersebut tidak diizinkan untuk mengemudi.

“Kita akan terus bekerjasama dengan BNN dalam mencegah dan memberantas peredaran gelap narkoba di Bumi Sanggam,” tegasnya.

Sedangkan Plt Kasi Pemberantasan BNNK Balangan, M Rapie mengungkapkan, kegiatan ini merupakan kerjasama pihaknya dengan Polres Balangan terkait masalah narkoba, yakni usaha besama dalam menengani permasalahan, pencegahan dan pemberantas penyalahgunaan narkoba.

“Tes urine ini atas permintaan Polres Balangan  dalam rangka memaksimalkan hasil jelang terlaksananya operasi kepolisian terpusat Lilin Intan-2018,’’ bebernya.

Terlepas dari itu, menurut Rafie, tes urine ini merupakan langkah yang diambil BNN bersama Kepolisian guna memberikan rasa aman dan nyaman serta menjaga keselamatan para penumpag khususnya penguna jasa angkutan umum antar kabupaten dalam provinsi.

Tes uren sendiri, ungkap dia, dilakukan langsung ditempat oleh tim medis dari BNN Balangan dan dibantu oleh Sat narkoba Polres Balangan.

“Kita akan selalu siap mendukung dan bekerjasama dengan Polres Balangan terkait pemberantasan narkoba. Kita juga meminta dukungan semua pihak terutama masyarakat luas dalam permasalahan narkoba ini, narkoba ini bukan hanya tugas BNN dan Polisi tapi merupakan musuh bersama, makanya harus kita perangi secara bersama-sama,” pungkasnya.

(Fd/Rd/Rp)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password