Kapolri Perintahkan Jajarannya Tindak Tegas Begal

Tribratanews.polri.go.id – JAKARTA. Kapolri, Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D., memerintahkan jajarannya untuk menindak tegas para begal. Khususnya  wilayah Provinsi Lampung dan Sumatera Selatan (Sumsel) yang merupakan daerah rawan begal.

“Jalur yang selama ini dianggap rawan adalah jalur Lampung dan Sumsel. Saya tekankan khusus kepada kepolisian jajaran Sumsel dan Lampung. Lebaran tahun ini saya anggap sukses karena tidak ada insiden begal di Lampung dan Sumsel,” jelas Kapolri di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (19/12).

Kapolri juga mengungkapkan antisipasi begal bukanlah hal yang sulit. Kepolisian di wilayah dapat mendeteksi tiap pergerakan kelompok begal, karena biasanya tak jauh-jauh dari pelaku yang sudah pernah tertangkap.

Caranya bagaimana? Deteksi kelompok pelakunya, biasanya itu-itu saja. Dekati mereka, kalau mereka main, tangkap! Ada barang bukti, tangkap!” tegas Kapolri.

Jalur lintas Sumatera merupakan jalur mudik. Untuk itu, Jenderal Bintang Empat tersebut menginstruksikan  jajarannya untuk mendirikan posko polisi dan saat malam hari menyalakan lampu rotator demi keamanan masyarakat.

“Jalur sepanjang arus mudik ini ada posko, lampu rotator kalau malam, disiapkan. Lalu patroli gabungan melibatkan teman-teman TNI, masyarakat juga dapat bersama-sama ikut berpatroli. Supaya masyakarat bisa melihat ada patroli, aparat di sana, mereka merasa nyaman,” tuturnya.

Selain itu, Kapolri juga membahas keamanan di stasiun kereta api, bandara dan terminal. Dia meminta jajarannya untuk meringkus pelaku kejahatan konvensional seperti copet, hipnotis hingga premanisme.

 

(img/rd/rp)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password