Mudik Natal dan Tahun Baru, Kakorlantas: Jangan Jadi Pengemudi Agresif

Tribratanews.polri.go.id – NGAWI. Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Drs. Refdi Andri, M.Si., mengingatkan para pengendara untuk tetap berhati-hati saat menempuh perjalanan arus mudik maupun arus balik libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

“Di balik kelancaran arus lalu lintas, masalah keselamatan di jalan menjadi hal paling penting. Kewajiban pengemudi juga harus memperhitungkan jam kerja keberangkatan, istirahat, dan lamanya waktu beristirahat,” jelas Kakorlantas Polri di Ngawi, Jawa Timur, Selasa (18/12).

Kakorlantas Polri menuturkan, konsentrasi dan sorotan beragam media bukan hanya dari sisi kelancaran lalu lintas, namun juga keselamatan. Maka dari itu, Irjen Pol. Refdi berharap pengemudi benar-benar menyiapkan diri ketika hendak berkendara, terutama saat melintasi Tol Trans Jawa.

Baca juga: Korlantas Polri Prediksi Puncak Arus Mudik Libur Natal dan Tahun Baru

Di sisi lain, manajemen pengaturan waktu saat perjalanan juga menjadi konteks yang perlu diperhatikan. Perlu adanya perencanaan yang baik agar pengemudi bisa mengatur ritme perjalanan dengan baik tanpa harus terburu-buru untuk cepat sampai di tempat yang dituju.

“Umpamanya kecepatan kita dari Km 0 rata-rata 80 kpj tidak melebihi kecepatan 100 kpj, tentunya akan lebih baik. Jangan memperkirakan jarak Km 0 sampai Surabaya 750 Km, kita harus sampai dalam waktu 12 jam. Itu tidak benar. Begitu juga dari Km 0 sampai Semarang 420 Km kita harus bisa sampai 5 atau 6 jam itu juga tidak benar,”

Jenderal Bintang Dua tersebut juga mengingatkan kepada para pengemudi untuk tidak menjadi pengemudi yang agresif. “Jadilah pengemudi yang berkeselamatan. Jangan menjadi pengemudi yang membahayakan, apalagi agresif, dimana semua mengejar waktu. Kita harapkan tidak seperti itu.”

(img/rd/rp)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password