Jelang Pileg dan Pilpres 2019, Polda Maluku Utara Gelar Pasukan dan Patroli Tri Patra

Tribratanews.polri.go.id- Ternate. Kepolisian Daerah Maluku Utara melaksanakan apel penggelaran Pasukan dan Patroli Tri Patra dipimpin oleh Dansat Brimob Polda Maluku Utara AKBP Budi Satrijo,S.I.K, M.Hum selaku Kasatgas Opsda OMB 2018 mewakili Kapolda Maluku Utara. Apel yang digelar ini dalam rangka cipta kondisi pengamanan Pemilihan Kepala Daerah 2018, Pilpres dan Pileg tahun 2019. Kamis (13/12/2018)

Apel Penggelaran Pasukan dan Patroli Tri Patra ini dilaksanakan di Lapangan Perikanan Bastiong Ternate yang dihadiri oleh Pejabatu Utama Polda Maluku Utara, Perwira Korem 152 babullah, Perwira Lanal Ternate, dan tamu undangan serta para peserta apel penggelaran pasukan.

AKBP Budi Satrijo menyampaikan bahwa Tri Patra adalah design penggelaran pasukan dan patroli yang khusus untuk penanganan kerusuhan massa yang dilakukan sekelompok orang yang mengkondisikan melakukan pengrusakan pembakaran dan penjarahan.

“Penggelaran pasukan dan patroli Tri Patra dalam rangka cipta kondisi pengamanan Pemilihan kepala daerah tahun 2018 dan pemilihan legislative serta Pilpres 2019.” Ucap AKBP Budi.

Tri Patra menggunakan tiga Pilar kekuatan pamungkas penegak keamanan dan fungsinya. Ketiga pilar terdiri dari f ungsi Sabhara Polri dan KorpS Brimob Polri serta Satuan Territorial TNI sebagai Power On Hand Kasatwtil untuk menangani tindakn agresi yang bersifat segera. Tugas dari satuan Tripatra ini untuk melakukan tindakan terhadap gangguan yang terjadi disetiap pelaksanaan pemilukada serentak tahun 2018, Pemilu legislatif maupun Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2019 yang akan mendatang.

Dalam sambutannya Dansat Brimob Polda Maluku Utara juga menyampaikan harapannya kepada seluruh personel yang terlibat agar dapat mempersiapkan diri menghadapi tugasnya dalam pengamanan Pilkada maupun Pilpres 2018 s/d 2019 mendatang. Selain itu Dansat Brimob juga mengucapkan terima kasih kepada semua instansi terkait yang telah mempersiapkan hingga melaksanakan penggelaran.

Selain Dansat Brimob , Kepala Bagian Dit Sabhara Polda Maluku Utara juga menyampaikan dalam wawancara bahwa pasukan Tripatra inilah pasukan yang dikeluarkan oleh Kapolri dan Panglima TNI dalam pengendalian keamanan dan ketertiban.

“Bukan hanya pemilu saja, mungkin akan di buat seterusnya kalau ada kegiatan-kegiatan aksi masa yang anarkis yang sudah mengarah ketindakan pidana lainya, seperti penganiayaan, pemerkosaaan pengrusakan penjarahan, makanya kegiatan ini dilatihkan atau disimulasikan agar para personil sudah tau tugas dan peranya.” Ungkap Kabag Bin Ops Dit Shabara Polda Malut.

Telah diketahui bahwa pasukan Tripatra merupakan pasukan gabungan TNI dan Polri yang berjumlah kurang lebih 100 personel terdiri dari Personel Sabhara 1 peleton, Brimob 2 peleton, TNI 1 pleton kemudian dari instansi lain juga sama 1 pleton.

Kabag Bin Ops Dit Sabhara Polda Malut mengatakan sudah siap dalam mengamankan massa yang tidak puas dengan hasil keputusan nanti. “Apapun yang terjadi kami siap menciptakan kota ternate khusunya Maluku Utara.” Ujar AKBP Hengky Setiawan.

(bb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password