Kapolri: Penanganan Terorisme Saat Ini Fokus Pada Aspek Pendanaan

Tribratanews.polri.go.id – AUSTRALIA. Kapolri, Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D., mengatakan yang menjadi fokus aparat penegak hukum dalam memberantas kasus terorisme adalah peelusuran aspek pendanaannya.

“Realitas ini menjadi perhatian bagi aparat penegak hukum dalam menelusuri aspek pendanaan terorisme,” kata Kapolri saat saat diundang bertemu dengan Assistant Director of Federal Bureau of Investigation (FBI) Michael McGarrearty di Melbourne, Australia, Kamis (13/12).

Selain itu, Kapolri juga menuturkan penguasaan iptek oleh penegak hukum sangatlah penting, lantaran pelaku kejahatan transnasional dan terorisme memanfaatkan kemajuan teknologi informasi (TI) dalam menjalankan aksinya. Maka dari itu, aparat penegak hukum harus selangkah lebih maju dalam penggunaan TI.

Baca juga: Perkuat Kerja Sama, FBI Undang Kapolri Laksanakan Pertemuan Bilateral di Australia

Pemanfaat IT seperti contoh terjadi di Indonesia, yakni para tersangka teroris berkomunikasi dengan memanfaatan media sosial. Pembelian barang ataupun bahan pembuatan bom yang dilakukan secara online termasuk metode pembayarannya.

Dalam pertemuan bilateral tersebut, Kapolri hadir bersama Kadiv Propam Polri Irjen Pol. Drs. Listyo Sigit Pramono, M.Si., Karo Misinter Divhubinter Polri Brigjen Krishna Murti, S.I.K., M.Si., dan Wakadensus 88 Anti Teror Brigjen Pol. Marthinus Hukom.

(img/rd/rp)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password