Polda Sumut Bidik Potensi Kebocoran PAD Kota Medan

Tribratanews.polri.go.id – Medan. Potensi kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Medan tengah dibidik aparat Kepolisian. Milyaran rupiah potensi pemasukan diduga diselewengkan oknum-oknum tak bertanggungjawab.

Kapolda Sumut, Irjen Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H. mengatakan, dari hasil analisisnya, Potensi PAD di tahun 2018 katanya mencapai Rp139 miliar, namun per Oktober kemarin hanya Rp 8-9 miliar. Menurutnya ini tak wajar.

“Maka dari itu, ini yang tengah kita selidiki, kenapa bisa begitu. Pemerintah daerah ini kan perpanjangan tangan pemerintah pusat. Intinya bagaimana masyarakat bisa merasakan kehadiran negara di dalam kehidupannya,” jelas Kapolda Sumut, Kamis (13/12/18).

Kapolda Sumut juga menambahkan,  “Data terakhir yang didapat dari IMB target pemasukan pada 2018 yakni Rp 147 miliar, sampai November baru Rp 23 miliar. Ada Rp 124 miliar potensi lost. Kemudian, potensi pajak reklame ditarget Rp 107 miliar dan yang baru diserap sebesar Rp 12 miliar, ada potensi lost Rp 95 miliar. Kemudian, potensi parkir Rp 43,8 miliar yang diserap Rp 16,8 miliar. Ada potensi lost Rp 27 miliar. Padahal ini kan kalau bisa diserap dengan baik, bisa digunakan untuk masyarakat”.

 

Kapolda Sumut mengaku pihaknya sudah memperingatkan Pemko Medan agar benar-benar bekerja mengumpulkan potensi-potensi pendapatan daerah.

 

“Inilah kesempatan saya, selama ini saya tinggal di Sumut, dan ini kesempatan terakhir saya selagi menjabat Kapolda Sumut. Kita dorong dan desak Pemko Medan untuk meraup seluruh potensi-potensi itu demi kebaikan. Masa untuk yang baik gak mau,” jelas Kapolda Sumut.

 

 

(wm/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password