Polda Bali Gelar Konferensi Pers Kasus Penangkapan WNA Buronan Interpol

Tribratanews.polri.go.id – Denpasar. Polda Bali melaksanakn konferensi pers terkait keberhasilan Polda Bali bersama Imigrasi Bandara Ngurah Rai dalam menangkap tiga orang yang menjadi buronan Interpol bertempat di Mapolda Bali, Rabu (12/12/18).

 

Hadir dalam konferensi pers tersebut Wadir Reskrimum Polda Bali AKBP Sugeng Sudarso, S.H., S.I.K., M.M., didampingi Kasubbid Penmas Bidhumas Polda Bali AKBP I G.A Yuli Ratnawati, S.E. dan Perwakilan NCB Interpol Indonesia Divhubinter Polri, Brigadir Dipo Ramdhanu.

 

Penangkapan yang dilakukan oleh Polda Bali berdasarkan Red Notice yang dikirimkan oleh Interpol melalui Divisi Hubungan Internasional Polri.

 

Sedangkan pelaku yang berhasil ditangkap atas nama Aleksandra Nevodnichaia (31) asal Rusia, Han Dongheon (58) asal Korea dan Robert Lleyton Smidl (51) asal Ceko.

 

Penangkapan ketiga pelaku tersebut dilakukan ditempat berbeda dengan kejahatan yang berbeda pula. Buronan atas nama Aleksandra Nevodnichaia diamankan oleh petugas Imigrasi saat yang bersangkutan chek in dan hendak berangkat menuju Singapura pada Sabtu (1/12).

 

Kemudian pada Minggu (2/12), anggota Ditreskrimum Polda Bali melakukan penangkapan dan penahanan sementara terhadap buronan dari Negeri Tirai Besi itu. Ia diduga melakukan tindak pidana penipuan uang sebesar 4.373.570 Rubles di negara Rusia.

 

Kedua, Han Dongheon diamankan petugas Imigrasi saat yang bersangkutan masuk wilayah Bali melalui pintu masuk Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada Selasa (4/12) lalu. Selanjutnya pada Rabu (5/12) dilakukan penangkapan dan penahanan sementara terhadapnya, karena diduga melakukan tindak pidana penipuan uang sebesar 2,5 juta Dollar Amerika di negara Korea.

 

Ketiga, Direktorat Reskrimum Polda Bali menangkap Robert Lleyton Smidl di Jalan Tukad Balian No. 178 Sidakarya, Denpasar Selatan pada Selasa (11/12). Buronan yang memiliki paspor nomor 41383567 dilakukan penahanan sementara karena diduga terlibat tindak pidana penipuan di negara Ceko.

Selanjutnya Wadir Reskrimum Polda Bali menyampaikan tindakan selanjutnya pasca penangkapan tersebut. “Tiga WNA tersebut akan dilakukan handing over dari perwakilan NCB Interpol Indonesia kepada masing-masing perwakilan Atase Kepolisian di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada hari Kamis (13/12) dan Jumat (14/12),” ungkap Wadir Reskrimum Polda Bali.

 

(rz/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password